Slovakia Tertarik Pengelolaan Sampah di Kota Bogor

Sumber:Rakyat Merdeka Online - 6 Maret 2013
Kategori:Sampah Luar Jakarta
Duta Besar Slovakia untuk Indonesia Stefan Rozkopal tertarik untuk menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat. Salah satunya di bidang pengelolaan sampah.

"Saya tertarik dengan pengolahan sampah di Kota Bogor," kata Stefan Rozkopal saat mengunjungi Kota Bogor, Rabu (6/3).

Menurut dia, di Slovakia khususnya di Bratislava, ibu kota negara itu, pengelolaan sampah sudah berhasil dilakukan. Yang menarik justru di Kota Bogor dengan jumlah penduduk lebih banyak dibanding Bratislava dinilai berhasil. Ia menuturkan, kerja sama Indonesia dan Slovakia sudah berlangsung lama khususnya di bidang pariwisata.

"Bagi masyarakat Slovakia Indonesia sudah menjadi tujuan wisata yang cukup populer," katanya.

Menurut dia, setiap tahun sekitar 200.000 turis dari Slovakia mendatangi Indonesia untuk berwisata. Hal serupa juga dialami masyarakat Indonesia yang datang ke Slovakia. Slovakian termasuk dalam negara Uni Eropa sehingga tidak terlalu sulit untuk masuk ke negara tersebut.

"Untuk berkunjung cukup visa Schengen warga Indonesia bisa leluasa mengunjungi Slovakia," ujarnya.

Ia menuturkan, hubungan yang sudah tercipta saat ini dapat menjadi awal yang baik untuk menjalin kerja sama ke depan khususnya antara Slovakia dan Kota Bogor dalam bidang pengolahan sampah.

Duta Besar Slovakia Stefan Rozkopal diterima langsung oleh Wali Kota Bogor Diani Budiarto didampingi Kepala Bappeda Harry Sutjahyo dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor Yan Yan Rusmana. Dalam lawatan tersebut dibahas mengenai potensi Kota Bogor dan rencana pembangunan ke depan.

Wali Kota Bogor Diani Budiarto menyatakan pihaknya tidak menutup kemungkinan jika ke depan akan ada rencana untuk menjalin kerjasama sister city dengan Slovakia.

Post Date : 07 Maret 2013