Siswa SDN Polisi 4 Diajari Peduli Sampah

Sumber:poskotanews.com - 22 Sept 2014
Kategori:Sampah Luar Jakarta

Dalam upaya mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih, pelajar SDN Polisi 4 Kelurahan Paledang – Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor mencetuskan program Lihat Sampah Ambil atau di singkat “LISA”.

Program tersebut diterapkan kepada keluarga besar sekolah tidak hanya kepada para siswa, guru tapi juga orang tiga siswa.

Model ini diterapkan oleh Kepala Sekolah SDN Polisi 4 Yayah Komariah, untuk menciptakan kondisi lingkungan Sekolah bersih indah dan nyaman.

Progran peduli lingkungan yang diterapkan SDN Polisi 4 mendapat pujian dari Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Provinsi Jawa Barat. “Kami menyampaikan apresiasi kepada SDN Polisi 4 Bogor yang telah menerapkan program Lisa kepada kepada seluruh keluarga sekolah,“kata Ketua Tim UKS Provinsi Jawa Barat Riwayat saat melakukan penilaian 3 R (Reuse, Reduce, dan Recycle) di SDN Polisi 4 Senin (22/9).

Dalam peninjauannya ke SDN Polisi 4 Tim dari Jabar melakukan pengecekan kesetiap sudut sekolah. Tim terkesan melihat kondisi sekolah yang nyaman, meskipun areal sekolah tidak terlalu luas, namun telah tercipta suasana yang nyaman.

Di setiap sudut sekolah terpasang tong – tong sampah, yang dibagi menjadi dua yakni sampah organik dan non organik.  “Ini harus menjadi contoh bagi sekolah – sekolah lainnya, walaupun lokasi sekolahnya kurang memadai, tapi sekolah ini layak menjadi sekolah ramah lingkungan,”kata Riwayat.

Sementara itu Kepala Sekolah SDN Polisi 4, Yayah Komariah mengatakan, program lihat sampah ambil diterapkan untuk mendidik para siswa peduli terhadap lingkungan.

“Ini menjadi pembelajaran sejak usaha dini agar mereka peduli terhadap kebersihan,“kata Yayah.
Tak hanya kepada para siswa, kata Yayah, program ini juga diterapkan kepada para pendidik, termasuk orang tua siswa yang mengantarkan anak anaknya ke sekolah ini,

“Kami terus mengkampanyekan Lisa, dan hasilnya lingkungan sekolah yang sebelumnya kumuh, kini terlihat bersih,“ungkapnya.

Sedangkan untuk menciptakan kondisi sekolah ramah lingkungan, kata Yayah, pihaknya juga telah mencanangkan program Satu Siswa Satu Pohon (Sawasapo) dan Tanaman buat di dalam pot (Tabulapot).

“Program ini kami gulirkan untuk mensiasati kekurangan lahan yang ada di sekolah kami,”ujarnya.
Tak hanya itu, kata Yayah, SDN Polisi 4 juga punya program tabungan air bekas pencucian beras yang dikumpulkan dari para siswa dan siswi

“Setiap hari para murid di anjurkan untuk membawa air bekas pencucian beras untuk menyiram tanaman di sekolah,“ ungkap Yayah.

Selain itu, lanjut Yayah, pihaknya juga mencanangkan tabungan surat kabar, dan tabungan botol kemasan minuman, serta tabungan minyak jelantah

“Jadi, koran –koran bekas dan bekas botol minuman kita kumpulkan dari para siswa, untuk dijual dan uang hasil penjualannya masuk dalam tabungan siswa. Sedangkan tabungan minyak jelantah akan diolah menjadi bio diesel untuk bahan bakar bus Transpkuan milik Pemkot Bogor,“ pungkasnya.



Post Date : 23 September 2014