Kebiasaan Buruk Masyarakat Buang Sampah di Sungai Bikin Cemar Ciliwung

Sumber:detik.com - 15 Oktober 2014
Kategori:Sampah Jakarta
Ciliwung bersih dengan air jernih dan ikan-ikan berenang mungkin hanya tinggal mimpi. Sungai Ciliwung yang mengalir dari Bogor hingga Jakarta sudah tercemar berat. Selain limbah pabrik, kebiasaan buruk masyarakat membuang sampah di sungai juga menjadi penyebab.

"Kalau yang sampah merata pencemarannya, sejak segmen 1 di Puncak sampai ke bawah, Cibinong, Sukaraja, Bojonggede, hingga ke Jakarta," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bogor, Roni Sukmana, Rabu (15/10/2014).

Roni menyayangkan sikap masyarakat yang tak punya kesadaran akan kebersihan lingkungan. Sayang sekali bila memandang sungai hanya menjadi wadah sampah besar.

"Masyarakat harus punya kesadaran, mengelola sampah. Semua elemen masyarakat harus bergerak mengurangi sampah. Sampah bisa diolah atau dibuat sesuatu yang berguna, jangan buang di sungai," jelasnya.

Mencegah membuang sampah ke sungai memang tak hanya soal kesadaran saja. Perlu juga tindakan tegas bagi yang melakukannya. Mulai dari denda hingga pidana.

"Mesti ada pengawasan ketat, ya termasuk sampah industri, rumah tangga. Bila melanggar bisa dipidana," tutur dia.

Lalu, mungkinkah Ciliwung kembali bersih seperti dahulu? "Bisa saja asal ada kemauan dari masyarakat. Ciliwung terakhir bisa dikatakan bersih itu tahun '90-an," tutup dia.


Post Date : 15 Oktober 2014