Dari Limbah menjadi Rupiah: Mudah dan Praktis Mengolah Limbah Industri Skala Rumah Tangga

Pengarang:Emil Salim
Penerbit:Yogyakarta: Andi, [s.a]; vi, 130 hal + gambar, 21 cm
No. Klasifikasi:363.728 Sal d
Kata Kunci:Limbah, Prospek Bisnis, Produksi, Analisis Kelayakan
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Buku

Era industrialisasi saat ini memberi berbagai dampak bagi kehidupan, baik dampak positif yang mampu memenuhi kebutuhan hidup dengan lebih mudah dan praktis  maupun dampak negatif yaitu tejadinya pencemaran lingkungan. 

Salah satu bentuk industri yang menghasilkan limbah yaitu industri pangan yang terdiri dari industi tahu, tempe, tapioka, industri makanan yang berbahan baku kelapa , nanas dan sebagainya, yang seringkali mencemari lingkungan karena limbahnya dibuang ke sungai atau area permukiman. Pembuangan limbah seperti ini mengganggu lingkungan sekitar seperti menimbulkan bau tidak sedap, mengurangi keindahan lingkungan, timbulnya penyakit bahkan dapat menyebabkan kematian habitat. 

Solusi yang dirasakan efektif untuk mengatasi limbah industri tersebut adalah  mengolahnya menjadi produk yang bernilai ekonomis yaitu memakai teknik pengolahan limbah industri pangan yang masih mengandung nutrisi menjadi produk nata dan membuat biogas. Nata merupakan bahan pangan berupa jeli yang biasa dijadikan campuran dalam produk minuman instan. 

Selain masyarakat umum, buku ini layak dibaca oleh pemerhati lingkungan yang akan merambah pada wirausaha, dimana limbah yang selama ini menjadi penyebab pencemaran lingkungan dapat dijadikan mata pencaharian. Selain  membahas pemanfaatan limbah industri pangan, dibahas juga perencanaan produksi, proses produksi, pengolahan, perawatan dan pengemasan serta analisis kelayakan usaha nata.



Post Date : 16 April 2012