Kesadaran Warga Rendah, Sampah Menumpuk di Stasiun Angke

Sumber:bisnis.com - 4 Oktober 2014
Kategori:Sampah Jakarta
Kesadaran warga Jakarta dalam menjaga kebersihan lingkungan masih minim. Buktinya, di sepanjang bantaran rel kereta api Stasiun Angke di RW 01 Kelurahan Angke, Tambora, Jakarta Barat, terlihat tumpukan sampah hasil limbah industri dan sampah rumah tangga berceceran.

Pantauan Bisnis.com, tumpukan sampah yang ada di sepanjang bantaran rel kereta api itu mayoritas tumpukan karung berisi kain perca dan sampah rumah tangga lainnya. Kain perca itu merupakan sisa potongan sejumlah usaha industri konveksi yang terdapat di sekitar lokasi.

“Sampah potongan kain itu dihasilkan dari industri konveksi yang membuang sampahnya sembarangan," kata Lukman, warga serempat, Sabtu (3/10/2014).

 Menurutnya, tumpukan sampah itu membahayakan arus lalu lintas kereta yang melintas. Setiap kereta api yang melintas di kawasan tersebut terpaksa memperlambat kecepatannya karena khawatir menabrak tumpukan sampah atau gerbongnya terpeleset keluar rel.

 “Tumpukan sampah tersebut dapat mengganggu fungsi wesel atau penerima sinyal operator untuk menggeser lintasan kereta sesuai tujuan. Lebih parah lagi, kalau lidah wesel tersebut sampai tertimbun sampah, maka bisa berbahaya sekali. Kereta bisa anjlok,” ujarnya.



Post Date : 06 Oktober 2014