5,5 Ton Sampah Diangkut dari Saluran

Sumber:beritajakarta.com - 4 mei 2013
Kategori:Sampah Jakarta

Musibah banjir besar Januari lalu yang salah satunya diakibatkan banyaknya sampah dari kali dan saluran, ternyata tidak membuat warga peduli dengan lingkungan. Buktinya, masih banyak warga yang membuang sampah ke saluran. Bahkan, saat digelar bersih-bersih saluran di sepanjang Jl Dr Saharjo dan Jl Supomo, Tebet, Jakarta Selatan, terdapat 5,5 ton sampah yang berhasil diangkut dari lokasi tersebut.

"Tadi kita bersihkan saluran air dan trotoar di sepanjang jalan, kira-kira panjangnya 2 kilometer," ujar Zaenal Syarifudin, Kepala Suku Dinas Kebersihan Jakarta Selatan, Sabtu (4/5).

Menurut Zaenal, selama ini pembersihan saluran air merupakan tanggung jawab dari Suku Dinas PU Tata Air. Namun di bawah kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, agar pekerja lebih efektif dan efisien dipegang oleh pihaknya. "Ya mengenai pembersihan sekarang kita saja yang kerjakan. Terlebih tadi banyak sampah disisa trotoar yang masuk ke lahan warga," jelasnya.

Dari hasil penyisiran, lanjut Zaenal, didapat sampah dari saluran air maupun trotoar sebanyak 23 meter kubik. "Tadi personil secara keseluruhan ada 80 orang. Kalau dikonversi kita angkut sekitar 5,5 ton sampah," tuturnya.

Program aksi bersih ini, menurut Zaenal dilakukan oleh pihaknya dua minggu sekali. Titik-titik konsentrasi sampah setiap kecamatan akan diinventarisir. "Jadi 2 minggu sekali kita bersihkan titik konsentrasi sampah per kecamatan. Yang sudah disambangi Kecamatan Kebayoranlama, Jagakarsa, Pesanggrahan, dan sekarang ini Tebet, berikutnya masih hunting," paparnya.

Namun untuk program khusus dari Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan, lanjut Zaenal, akan dilaksanakan Minggu (5/5) besok. "Seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) turun bersih-bersih. Dipusatkan di sekitar Jl Haji Batong, Cilandak, besok dipimpin Plt Walikota Jakarta Selatan," katanya.

 



Post Date : 06 Mei 2013