KJPL : Gelar Pelatihan Jurnalis Bidang Sanitasi

Sumber:wartapedia.com - 11 Juni 2013
Kategori:Air Minum

High Five dan Komunitas Jurnalis Peduli Lingkungan (KJPL) menggelar Pelatihan Citizen Journalism atau lebih dikenal dengan Jurnalisme Warga di Kelurahan Petemon, Kota Surabaya

Kegiatan tersebut sebagai bentuk mencerdaskan dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memahami dunia jurnalistik, khususnya dibidang sanitasi.

"Pelatihan ini dilakukan selama dua bulan, yakni bulan Mei dan Juni. Dengan program ini, diharapkan masyarakat tidak hanya sekedar menerima pemahaman tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), tapi mereka juga bisa menceritakan ke orang lain lewat tulisan atau foto" Kata Distric Team Leader High Five-USAID Surabaya, Ratih Astati Dewi, Senin (10/6)

“Dengan cara itu diharapkan, kampanye STBM bisa lebih efektif, kalau ditularkan lewat media yang dibuat warga sendiri,” ujarnya, seperti dilansir laman kominfo jatim.

Usai pelatihan jurnalisme, warga diharapkan sudah bisa diarahkan membuat media massa, yang bisa disebarkan dengan luas ke masyarakat, bisa berupa pamflet, tabloid, majalah atau website.

Ketua KJPL Indonesia, Teguh Ardi Srianto mengatakan, diharapakn dengan bekal dasar jurnalistik yang dimiliki warga, mereka semakin kritis dan paham, kalau fungsi dan peran media sangat strategis, dalam mengajak masyarakat untuk mengubah perilaku mereka, khususnya tentang pemahaman STBM.

“Langkah ini merupakan awal yang sangat strategis, karena tanpa ada media, maka kampanye perubahan perilaku hanya akan jadi omong kosong,” terang Teguh.

Menurutnya, dengan adanya keteribatan warga, untuk menulis, memotret dan menceritakan kondisi lingkungan mereka, sebuah upaya perubahan perilaku yang lebih baik, bisa disampaikan ke lainnya lewat media.

“KJPL Indonesia tidak sekedar melatih kemudian selesai, tapi KJPL terus mendampingi warga, untuk mewujudkan sebuah media yang komunikastif, sehingga memudahkan warga memahami tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM),” paparnya.

Kalau dulu masih ada warga di Kelurahan Petemon, warga yang buang air besar di jamban yang tidak sehat, diharapkan sesudah ada ajakan yang lebih baik, lewat media yang akan dibuat warga, maka perilaku mereka akan berubah, dan mau untuk buang besar di jamban yang lebih sehat.



Post Date : 12 Juni 2013