Strategi Sanitasi Kabupaten Aceh Barat

Penerbit:Aceh Barat: Kelompok Kerja Sanitasi (Pokja) Kabupaten Aceh Barat,2010
No. Klasifikasi:363.725.981.107 STRA
Kata Kunci:Strategi Sanitasi, Kabupaten Aceh Barat, Limbah, Sampah, Drainase, STBM
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Buku

Di Kabupaten Aceh Barat buangan limbah domestik di bagi dalam 2 kelompok yaitu limbah buangan (jamban umum, pribadi atau jamban bersama) yang tidak ditangani secara khusus melainkan dengan pengelolaan secara on site individual dan limbah dari cuci dan mandi.

Sementara itu strategi pengelolaan sektor air limbah meliputi peningkatan pengetahuan dan ketrampilan stakeholder tentang pengelolaan air limbah, mengupayakan kerjasama dengan masyarakat agar memberikan lahan untuk pembangunan sarana dan prasarana air limbah, mendorong minat swasta dalam layanan pengelolaan air limbah.

Cakupan pelayanan persampahan telah mencakup seluruh kecamatan. Adapun strategi pengelolaan sektor persampahan yang digunakan dengan cara meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah dengan sistem 3R skala rumah tangga,mengupayakan peningkatan ketersediaan dan keberfungsian sarana prasarana persampahan di seluruh kecamatan, mendorong partisipasi pihak swasta dalam pengelolaan persampahan.

Strategi pengelolaan sektor drainase dimulai dengan penyusunan perencanaan pembangunan sarana/prasarana dan sistem pengelolaan drainase, mendorong partisipasi masyarakat dan swasta untuk ikut terlibat dalam pembangunan sarana dan prasarana drainase, mengupayakan ketersediaan sistem pelepasan tanah yang saling menguntungkan antara pemerintah, swasta dan masyarakat. Saat ini pelayanan drainase primer sudah mencakup hampir seluruh perkotaan. Sedangkan untuk strategi pengelolaan sektor air bersih yaitu dengan meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam pemeliharaan sarana dan prasarana air bersih, meningkatkan ketersediaan dan keberfungsian sarana dan prasarana air bersih.

Adapun strategi pengelolaan sektor PHBS terdiri dari meningkatkan pemahaman masyarakat tentang PHBS, meningkatkan cakupan layanan sarana dan prasarana pendukung PHBS, menggiatkan promosi cuci tangan pakai sabun (CTPS) kepada masyarakat dan sekolah tingkat dasar.

 



Post Date : 02 November 2012