Dari Malu menuju Sehat : Kisah Teladan Pamsimas Komponen B di Tiga Provinsi

Pengarang:Bappenas, Kemenkes, KemenPU, Kemendagri
Penerbit:Jakarta : Kementerian Kesehatan Sekretariat Pamsimas Komponen B dan JPIP, [s.a]
No. Klasifikasi:363.72 Nov d
Kata Kunci:Wirausaha Sanitasi, Peluang Bisnis, Bangun Jamban, Aair Bersih, Pamsimas
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Compact Disc

Program Pamsimas merupakan kegiatan di bidang air minum dan sanitasi yang ditujukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah di perdesaan dan pinggiran perkotaan (peri-urban) dan dilaksanakan secara berbasis masyarakat.  Keberhasilan program ini sangat dirasakan seluruh masyarakat yang pada awalnya mengalami kesulitan untuk memperoleh akses terhadap air minum dan sanitasi.

Buku ini  memuat kisah sukses lima kabupaten yang terdapat di tiga provinsi di Indonesia dalam mengembangkan program Pamsimas khususnya komponen B yaitu peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat dan layanan higienis dan sanitasi terangkum.  Kelima kabupaten ini adalah Pemalang, Limapuluh Kota, Sijunjung, Timor Tengah Utara dan Timor Tengah Selatan yang berhasil dalam membebaskan masyarakatnya dari kebiasaan buang air besar sembarangan (BABS) dan menanamkan kebiasaan cuci tangan pakai sabun (CTPS).

Berbagai upaya masyarakat dalam mengembangkan ini semua tidak akan terwujud tanpa keterlibatan pihak pihak terkait yang diantaranya adalah pemerintah daerah, pemerintah pusat, pihak swasta dan pihak lainnya. 



Post Date : 31 Oktober 2014