KLH: Kelola Sampah, Harus Ada Inovasi

Sumber:republika.co.id - 8 Juli 2013
Kategori:Sampah Luar Jakarta

Sekretaris Kementerian Lingkungan Hidup Hermien Roosita mengatakan dalam mengelola sampah harus ada inovasi sehingga terus berkelanjutan.

"Saat ini pengelolaan sampah sudah banyak upayanya tapi harus ada inovasi, kalau begitu saja orang akan bosan," kata Hermien pada pembuatan kerajinan berbahan daur ulang dengan peserta terbanyak di Probolinggo, Provinsi Jawa Timur, Ahad (7/7).

Hermien menjelaskan saat ini gerakan 3R (reduce, reuse, recycle) atau mengurangi, menggunakan kembali dan mendaur ulang sampah merupakan ujung tombak pengelolaan lingkungan.

Di samping itu, pengelolaan sampah melalui Bank Sampah juga mulai menjadi tren saat ini. Dia mengatakan, dalam pengelolaan sampah dengan 3R, selalu melakukan inovasi baru.

"Pengelolaan sampah juga harus memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat serta memberi manfaat lainnya, seperti pemanfaatan gas metan dari sampah," katanya.

Asisten Deputi Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup Sudirman mengatakan, pihaknya mendorong agar kota tidak hanya bersih dan cantik tapi juga memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat.

Menurut Sudirman, saat ini pemanfaatan sampah yang memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat memang masih kecil namun pemerintah daerah terus didorong untuk membuka pasar bagi produk-produk daur ulang masyarakat.



Post Date : 08 Juli 2013