Pemkot Surabaya sukses ubah sampah jadi listrik 40 ribu Watt

Sumber:merdeka.com - 24 Februari 2014
Kategori:Sampah Luar Jakarta
Kota Surabaya, Jawa Timur, terpilih sebagai tuan rumah Hari Gerakan Indonesia Peduli Sampah 2014, yang digelar di Taman Surya, Balai Kota Surabaya, Senin (24/2). Di acara yang mengusung tema: Indonesia Bebas Sampah pada 2020 itu, Pemprov Surabaya dinilai sukses mengelola sampah hingga jadi sesuatu yang berguna.

Berkat instruksi Wali Kota Tri Rismaharini, sampah di Kota Surabaya tidak hanya diubah menjadi kompos yang menyuburkan taman-taman kota, melainkan juga bisa diubah menjadi tenaga listrik berkekuatan 40.000 Watt.

Hadir di acara itu, Menteri Lingkungan Hidup, Baltashae Kambuaya dan 30 bupati dan wali kota seluruh tanah air. Mereka yang hadir, memberi apresiasi tinggi kepada Surabaya yang mampu mengubah sampah menjadi sesuatu yang ekonomis bagi masyarakat.

"Surabaya tak hanya indah di luar saja, melainkan juga di perkampungan-perkampungan. Ini karena warga Surabaya telah sadar akan dampak sampah terhadap lingkungan, sehingga mereka berupaya mendaur ulang sampah menjadi sesuatu yang ekonomis," kata Risma dalam sambutannya.

Dalam pidatonya itu, wali kota kelahiran Kediri itu juga menyebut, sampah yang dikelola warganya juga mampu diubah sebagai tenaga listrik. "Sampah di Surabaya juga telah mampu diubah menjadi tenaga listrik berkekuatan 40 000 Watt. Dan rencananya, kami akan menjadikan dua lokasi untuk pembangkit listrik tenaga sampah."

Saat ini, lanjut dia, masih satu lokasi saja, yaitu di daerah Bratang yang dijadikan lokasi pembangkit listrik tenaga sampah. "Selain itu, sampah juga bisa didaur ulang menjadi kompos yang dapat menyuburkan taman-taman di Kota Surabaya, sehingga nampak indah," kata Risma bangga.

Sementara itu, pada acara sama, disaksikan Menteri Lingkungan Hidup, 30 bupati dan wali kota seluruh Indonesia ikut mendeklarasikan hari Indonesia Peduli Sampah dan Indonesia Bebas Sampah tahun 2020. Para bupati dan wali kota itupun, menandatangani kesepakatan deklarasi Indonesia Bebas Sampah.

Post Date : 25 Februari 2014