Ribuan Pegawai Pemkot Pungut Sampah Sepanjang Pantai Losari

Sumber:makassar.go.id - 22 Agustus 2014
Kategori:Sampah Luar Jakarta
Ribuan pegawai pemerintah kota (Pemkot) Makassar melakukan kerja bakti massal membersihkan sampah di sepanjang Pantai Losari, Jumat (22/8/2014) pagi. Dipimipin langsung Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto Syamsu Rizal MI membersihkan sampah-sampah yang mengapung disepanjang Pantai Losari menuju Center Point of Indonesia (CPI).
 
Hadir pula kepala dinas kesehatan, Nurasyiah Tun Azikin, Kepala Dinas Pendapatan Daerah, Takdir Hasan Saleh, Kepala Dinas Tata Ruang dan Bangunan Kota, Irwan Adnan,  Kepala Dinas Badan Lingkungan Hidup (BLHD), Andi Mappalalo Gau, Kepala Dinas Pertamanan dan Kebersihan, Kusaiyyeng, Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Peternakan, Rahman Bando, Kepala Dinas Infokom, Mukhtar Tahir, Kabag Humas A Tenri Palallo dan sejumlah kabag lainnya.
 
Dari sampah botol plastik, kaleng minuman, daun, ranting pohon dan lain-lain berhasil dipungut.
 
Sebanyak 9 truk pengangkut sampah  mengangkat sampah hasil kerja bakti massal yang rencananya akan dilakukan secara rutin.
 
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto usai kerja bakti mengatakan ini kali pertama kerja bakti massal dimasa kepemimpinannya membersihkan sampah dilaut dengan melibatkan seribuan pegawai lingkup Pemkot Makassar.
 
"Tidak pernah ada kerja bakti dilaut sebelumnya. Kita mulai membersihkan laut. Ini saja baru dipinggir laut, belum didasar laut sudah penuh plastik dan sampah," kata Danny.
 
Dari hasil kerja bakti sepanjang Pantai Losari menuju CPI relatif bersih dari sampah-sampah plastik yang sebelumnya mengapung.
 
"Makanya saya sudah perintahkan Dinas PU, Dinas Kelautan untuk menjaring sampah didasar laut. Harapan saya tahun depan kita sudah berenang disini (laut) karena sudah jernih," paparnya.
 
Danny mengatakan baru membersihkan dipinggir-pinggir pantai tapi sudah penuh sampah.
 
"Ini masih pemanasan, saya kira kita perlu alat untuk mengeruk semua sampah. Baik kanal Jongayya , Lette, dan Insya Allah kualitas air disini sudah biru kedepannya," ucap Danny.
 
Asisten III Pemkot Makassar yang juga selaku Ketua Tim Gemar MTR, Burhanuddin mengatakan kerja bakti massal ini bukan hanya dipusatkan di sepanjang Pantai Losari menuju CPI, tetapi aparat kecamatan dan kelurahan juga melakukan kerja bakti didaerahnya masing-masing.
 
"Ini akan berlanjut terus. Ini hari  Kanal Jongayya juga dibersihkan. Kita menghimbau kepada masyarakat, agar tidak lagi membuang sampah di laut, dikanal, karena bukan hanya mengotori rumahnya pantai losari juga ikut kotor akibat sampah dari kanal, himbaunya".


Post Date : 25 Agustus 2014