Banjir Aceh, Sejumlah Rumah Rusak Ratusan KK Mengungsi

Sumber:suarapembaruan.com - 31 Desember 2013
Kategori:Banjir di Luar Jakarta

Hujan deras yang melanda sejumlah daerah di Provinsi Aceh disertai dengan banjir bandang dan meluapnya sejumlah sungai, berakibat pada genangan air serta ikut rusak rumah penduduk dan fasilitas umum pada sejumlah titik banjir di Aceh, sepajang, Minggu – Senin (29-30/12) kemarin dan hingga, Selasa (31/12) pagi masih ada warga yang mengungsi terutama di Aceh Utara dan Aceh Timur.   

Kabid  Bansos Dinas Sosial Aceh Burhanuddin kepada SP, Selasa (31/12) pagi menyebutkan saat ini ada sejumlah warga dilaporkan masih tinggal  pada tenda pengungsian, namun dia belum meperoleh informasi tentang kerusakan rumah dan fasilitas umum di sejumlah titik pengungsian, karena tim sedang melakukan pendataan dilapangan.   

Sumber SP pada sejumlah titik banjir menyebutkan puluhan rumah dan fasilitas umum rusak berat akibat diterjang banjir bahkan ada rumah yang disapu bersih saat terjadi air bah.   

Di Aceh Timur banjir melanda Kecamatan Peurulak, Pante Bidadari dan Sangai Raya, di daerah Pante Bidadari ada lima Desa sangat parah diterjang banjir mangakibatkan sejumlah rumah penduduk rusak, dan di Kecamatan Sungai Raya ada tiga rumah rusak parah akibat banjir sedangkan di Peurulak Barat terjadi longsor mangjkibatkan badan jalan desa hancur dan tidak bisa dilalui lagi.   Kabag Humas Pemkab Aceh Timur  T Amran menyebutkan pemerintah kabupaten itu telah menyalurkian bantuan masa panik untuk korban banjir sembari menghimbau kepada warga yang berada dikawasan aliran das untuk waspada karena cuaca masih mendung dikhaawatirkan terjadi banjir susulan, meskipun saat ini air mulai surut tetap diminta kepada warga untuk waspada.   

Sedangkan di Aceh Utara, hingga Selasa pagi ratusan jiwa dari Desa Lubok Pusaka dan Buket Linteung, Kecamatan Langkahan mengungsi ke perbukitan karena rumah mereka terendam, banjir kawasan itu melanda kecamatan Lhokseukon, Langkahan dan Matang Kuli, khusus di Langkahan hingga pagi ini genanangan air selutut orang dewasa.   

Camat Kecamatan Langkahan T Nazirsyah melaporkan ratusan kepala keluarga (KK) warga yang terkena dampak banjir saat ini sudah diungsikan kedaerah yang agak tinggi dan terbebas dari banjir, pihaknya juga telah menyalurkan bantuan masa panik baik  berasal dari kecamatan maupun bantuan dari Kabupaten.   

Sedangkan di Aceh Tamiang, banjir yang sempat mengepung sejumlah desa pada lima Kecamatan yakni Seruway, Bendahara, Banda Mulia, Karang Baru, Rantau, dan Manyak Payed dilaporkan sudah surut dan mesyarakat telah kembali ke rumah masing-masing untuk bersih-bersih. Sebut Saiful Syahputra Ketua Satgas SAR Aceh Tamiang.   

Banjir juga mengenangi Aceh Selatan,Aceh Jaya dan sejumlah daerah lain di Aceh dalam dua hari terakhir juga terendam banjir. Sementara di Aceh Tengah dan Sabang, Senin malam dilaporkan terjadi banjir bandang, namun sejauh ini belum diketaui tingkat kerusakan dan masih dalam pendataan pihak BPBD setempat.



Post Date : 31 Desember 2013