Kali Meluap, 5 Desa Terendam 

Sumber:Media Indonesia - 18 Maret 2014
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
LIMA desa di Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, dilanda banjir kemarin siang. Banjir dengan ketinggian satu meter ini disebabkan meluapnya Kali Klero setelah sehari sebelumnya diguyur hujan deras.

Ratusan rumah di lima desa tergenang. Banjir juga merendam sejumlah ruas jalan dan lahan pertanian. Lima desa yang terendam banjir meliputi Desa Gesikharjo, Cendoro, Pucangan, Wangun, dan Glodok. Adapun, ruas jalan yang terendam banjir berada di antara titik Desa Cendoro dan Desa Gesikharjo dengan ketinggian air hingga 70 cm.

Banjir juga melanda dua desa di Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur. Desa Sikun dan Oanmane terendam banjir sejak dua hari lalu. Ketinggian air sekitar satu meter. “Banjir menerjang permukiman warga karena tanggul penahan air jebol,“ kata Yohanes Seran, warga Lasaen, desa yang paling dekat dengan dua desa yang kebanjiran. Banjir yang menerjang dua desa itu merupakan banjir kiriman dari Kabupaten Timor Tengah Utara dan Timor Tengah Selatan. Saat ini warga memilih pindah ke rumah tetangga yang memiliki rumah panggung.

Adapun di Kota Bandung, Jawa Barat, banyak genangan muncul akibat tersumbatnya saluran air setelah hujan deras. Genangan paling parah terjadi di kawasan Buahbatu sehingga banyak kendaraan yang terjebak arus genangan.

Kawasan Jalan Raya Kopo (pintu Tol Kopo) juga dipenuhi genangan dan sempat memutuskan jalan yang menghubungkan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung.

Dalam menanggapi banyaknya genangan itu, Wakil Bupati Bandung Deden Rumaji berjanji akan segera membetulkan saluran air yang tidak ber fungsi karena dipenuhi sampah.

Selain itu, di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, banjir menyebabkan seorang santri bernama Budi, 16, tenggelam dan hilang setelah terseret arus Sungai Martapura, kemarin. Santri dari Pondok Pesantren Darussalam, Martapura, itu bersama tiga temannya nekat menyeberangi sungai untuk menuju pondok pesantren. Namun saat menyeberang, arus sungai sangat deras dan menyeret korban, sedangkan ketiga temannya dapat menyelamatkan diri. (YK/PO/EM/DY/N-3)


Post Date : 18 Maret 2014