Peran Masyarakat Penting Untuk Atasi Air Bersih

Sumber:poskotanews.com - 1 November 2013
Kategori:Air Minum

Pemerintah menilai untuk mengtasai persoalan air bersih dan sanitasi keterlibatan masyarakat sangat diperlukan. Sebab semakin tinggi kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan akan semakin berhasil program yang dicanangkan pemerintah.

“Karena itu kami memberikan penghargaan berupa AMPL Award kepada daerah yang cukup serius memperhatikan masalah penyehatan lingkungan dan air minum,” kata Keta Dewan Juri AMPL Award, Oswar Mungkasa pada acara pemberian piala dan penghargaan dari Kepala Bapenas Armida Alisyahbana, kemarin.

Menurut dia, ada banyak kota kabupaten yang mempunyai sederet prestasi di kedua sektor ini. “Namun, berbicara tentang siapa yang paling sukses memberdayakan dan menjaga keberlanjutan kelompok swasdaya masyarakat program sanimas, Kota Tabanan juaranya.Kelompok masyarakatnya secara kontinyu memanfaatkan fasilitas yang terbangun.Hidup pula sejumlah bank sampah di kota tersebut, dan sukses menjadi pembelajaran bagi kota kabupaten lainnya karena berhasil mengubah kawasan padat dan kumuh menjadi kawasan hijau asri.

Sedangkan kategori kelompok, Bank Sampah Malang (BSM) berhasil unggul karena manajemen baik yang mampu merangkul pemerintah daerah, sektor usaha dan juga masyarakat. Sampai April 2013, BSM memiliki 282 unit bank sampah, 169 unit bank sampah di sekolah, 5 unit pengepul dan lebih dari 21 ribu nasabah dengan total transaksirata-rata perhari mencapai 4 juta rupiah.

“BSM memahami pentingnya keterlibatan masyarakat, memiliki dan mengembangkan konsep yang replikatif serta memperhitungkan sisi keberlanjutannya. Inovasi nyata ini ingin kami apresiasi juga dalam AMPL Award,” kata Oswar.

Ketua Paguyuban Sanitasi Grobogan(Papsigro), Marali, yang kelompoknya berhasil mengantongi salah satu kategori pemenang AMPL Award mengatakan kebanggaannya. 

 



Post Date : 06 November 2013