Warga Buara Liburan Bermodalkan Sampah

Sumber:bisnis.com - 28 Sept 2014
Kategori:Sampah Luar Jakarta

Dilatarbelakangi oleh kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, warga RW 7, perumahan Benua Indah, Kelurahan Pabuaran Tumpeng, Kota Tangerang dapat berlibur ke Ciater, Bandung bermodalkan sampah.

Berawal dari inisiatif mengelola sampah dengan mendirikan bank sampah yang diberi nama Benua Hijau, uang yang diperoleh dari hasil penukaran sampah daur ulang dapat digunakan untuk membiayai liburan bersama.

"Luar biasa, dari sampah membawa berkah. Mudah-mudahan ini bisa diikuti oleh warga lain agar semakin banyak yang peduli dan sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan," ujar Wali Kota Tangerang, Minggu (28/9/2014) saat melepas rombongan berekreasi ke Ciater.

Dia menjelaskan sampah pada dasarnya bukan sebuah masalah jika mampu dikelola dengan baik dan benar. Seperti halnya di Benua Indah ini, seluruh lapisan masyarakat baik Ibu, Bapak dan remaja dapat turut aktif menciptakan lingkungan tetap bersih dan hijau.

Oleh karena itu, ujarnya, masyarakat harus terus membangun rasa kekeluargaan dan kebersamaan, terutama dalam menata dan menjaga lingkungan hidup.

"Para remaja jadilah pelopor dalam pembangunan kota ini dan menjadi generasi yang senantiasa peduli pada kebersihan lingkungan," ujarnya.

Dalam kesempatan yang berbeda, Arief menjelaskan sampah yang tidak dikelola dengan baik akan menghasilkan gas metan yang berbahaya bagi kesehatan dan merusak lapisan ozon.

 



Post Date : 29 September 2014