Malam Pergantian Tahun, 900 Pemungut Sampah Disiagakan

Sumber:Suara Merdeka - 30 Desember 2013
Kategori:Sampah Jakarta

Dinas Kebersihan DKI Jakarta akan terjunkan 900 petugasnya, guna mengantisipasi sampah-sampah berserakan di malam pergantian tahun baru.

"Ada 900 personil kita turunkan di seluruh wilayah dan jam 5 pagi tanggal 1 Januari, target kita Jakarta bersih," kata Kepala Dinas Kebersihan, Unu Nurdin, Minggu (29/12).

Para pemungut sampah ini akan disiagakan pra dan saat acara berlangsung. Tahun ini, Pemprov DKI Jakarta memang menyebar acara pergantian tahunnya di beberapa wilayah. Namun, perhelatan akbarnya tetap dipusatkan di sepanjang Jl MH Thamrin hingga Stasiun Dukuh Atas, Sudirman.

Mengenai keberadaan toilet, Dinas Kebersihan DKI menurunkan 40 toilet mobile dari Monas hingga Bundaran HI. Bagi masyarakat yang mendapatkan pelayanan kurang baik atau bermasalah dengan toilet dan tempat sampah, mereka dapat mengadukan masalah tersebut pada posko pengaduan kebersihan masyarakat yang berada tak jauh dari panggung-panggung hiburan.

"Masyarakat bisa mengadukan penanganan sampah dan kondisi toilet secara langsung. Karena posko ini dijaga oleh pejabat eselon tiga atau setara kepala bidang dan kepala upt, kita jamin penangannya akan lebih cepat," terangnya.

Meski begitu, ia tetap meminta partisipasi masyarakat untuk membuang sampahnya di tempat sampah yang sudah disediakan. Atau menitipkannya pada petugas kebersihan yang mereka jumpai. "Kalau merasa jauh dari tempat sampah, mungkin bisa dititip ke petugas kebersihan yang ada. Jangan dibuang di sembarang tempat," imbuhnya.

Pada perayaan pergantian tahun 2013 kemarin, setidaknya 650 ton sampah dari acara Jakarta Night Festival 2012. Hingga keesokan paginya, jalan MH Thamrin masih dihiasi sampah plastik sisa perayaan malam tahun baru 2012.

 



Post Date : 30 Desember 2013