Air & Kamu: Sebuah buku tentang Sanitasi

Pengarang:KSAN 2011 Winner (Konferensi Sanitasi dan Air Minum)
Penerbit:Yogyakarta: Leutikaprio, 2012; iii, 107 hal + gambar, 19 cm
No. Klasifikasi:363.61 Kon a
Kata Kunci:Air, Sanitasi, KSAN, Daerah Pesisir, Penyulingan Air, Kebijakan AMPL
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Buku

Letak geografis Kabupaten Bulukumba hampir di sepanjang pesisir pantai.  Masyarakat disini pada umumnya memilih profesi sebagai nelayan dan buruh rumput laut yang mana mereka berpendapatan rendah (berada dibawah garis kemiskinan).  Hal inilah yang menjadi  salah satu alasan mereka memilih menggunakan air tanah (sumur) dibanding mendapat pasokan air dari PDAM yang mereka rasakan relatif mahal untuk biaya pemasangannya.  Di Nusa Tenggara Timur, untuk mendapatkan air bersih, warga harus menempuh jarak minimal 700 meter dengan tekstur jalanan yang tidak rata. Selain itu warga Sebatik Kalimantan Timur harus pergi ke Tawau yang sudah termasuk  dalam wilayah Malaysia untuk mendapatkan air bersih karena pipa PDAM yang dibangun tahun 2004 sudah rusak dan tidak bisa dialiri air bersih.

Ini adalah 3 masalah dari sekian banyak permasalahan yang ada di Indonesia  terkait dengan pengadaan air bersih  yang diangkat menjadi karya tulis dan menjadi juara dalam lomba penulisan essay. Lomba ini diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (Pokja AMPL) yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Konferensi Sanitasi dan Air Minum 2011.

Selain permasalahan pengadaan air minum, para penulis pun memaparkan bagaimana solusi yang tepat untuk dapat menanggulangi permasalahan tersebut.



Post Date : 03 Agustus 2012