Air Surut, Anak Balita Hilang

Sumber:Kompas - 26 Januari 2007
Kategori:Banjir di Jakarta
Jakarta, Kompas - Cuaca cerah sepanjang Kamis (25/1) menyebabkan banjir yang menggenangi sebagian wilayah Jakarta mulai surut. Namun, banjir itu menyisakan duka karena seorang anak balita, Niko (4), yang tinggal di tepi Kali Pesanggrahan, hanyut dan hingga Kamis petang belum ditemukan.

Korban dan keluarganya adalah warga RT 01 RW 05, Kelurahan Kedoya Selatan, Jakarta Barat.

Kepala Seksi Sektor Pemadam Kebakaran Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, Budianto mengatakan, Niko, putra pasangan Suhandi (40) dan Yamal (35), serta dua kawan sebayanya, Latif dan Fadillah, bermain sepak bola di bantaran Kali Pesanggrahan, Rabu petang. Saat itu air sungai sedang naik dan deras. Karena hari mulai gelap, beberapa warga kemudian mengingatkan ketiga anak itu.

Akan tetapi, mereka lebih asyik bermain sepak bola di bantaran yang becek itu. Lalu Niko dan Latif terpeleset dan tercebur ke sungai.

Beberapa warga yang melihat segera berlari sambil berteriak meminta bantuan warga lainnya. Latif dapat diselamatkan, tetapi Niko terbawa arus air sungai yang deras.

Tim penyelamat Sektor Pemadam Kebakaran Kembangan, yang datang kemudian, menyisir sungai dari hulu sampai hilir untuk mencari Niko. Malam itu pencarian berlangsung hingga pukul 02.00. Pencarian dilanjutkan kemarin, dari pagi hingga pukul 17.00, tetapi Niko tetap belum ditemukan.

Sementara itu, banjir yang menggenangi sebagian kawasan Kelurahan Bukit Duri dan Petogogan, Jakarta Selatan, berangsur-angsur surut. Pada pagi hari air masih menggenangi lantai di beberapa rumah yang berada di tepi sungai, tetapi mulai kering pada sore hari.

Berdasarkan data Crisis Center DKI Jakarta, permukaan air di Pintu Air Katulampa, Bogor, turun dari 30 sentimeter menjadi 20 sentimeter. Cuaca yang cerah di Bogor dan Jakarta membuat permukaan air sungai turun ke tingkat normal.

Menurut Kepala Bidang Kesiagaan Crisis Center Bobby Aryono, meskipun direndam air luapan Sungai Ciliwung, kawasan tepi sungai masih berada dalam status Siaga IV. Status Siaga III baru diberlakukan di Cipinang Hulu, Karet, Krukut Hulu, dan Pasar Ikan. (WIN/ECA)



Post Date : 26 Januari 2007