Air Toilet Lebih Bersih daripada Air Keran

Sumber:Media Indonesia - 13 Juni 2007
Kategori:Air Minum
MERASA ada yang salah pada keran air minum di sekolahnya, Kyleray Katherman, 13, siswa SMP di North Bend, Oregon, AS, melalui tugas sekolahnya, memilih meneliti kadar bakteri air keran di sekolah dengan air kloset.

Penelitiannya itu terinspirasi dari kebiasaan rekan-rekannya yang enggan meminum air bersih dari keran yang mengalir ke sekolahnya. Kebetulan di sekolahnya ada larangan membawa botol air minum karena sering dimanfaatkan sebagian siswa untuk membawa minuman beralkohol.

Penasaran dengan kebiasaan rekannya yang antimeminum air bersih dari keran tadi, Kyleray mengambil sampel dan menelitinya untuk menguji bakteri yang terkandung pada empat keran air minum dan air dari satu toilet di sekolahnya.

Pengambilan air melalui media kain dilakukan dengan menyeka klep keran. Pada toilet, Kyleray mencelupkan kapas di dasar kloset yang mengandung air. Juga mengambil sampel dari lingkaran kloset tersebut untuk melengkapi pengambilan sampel.

Setelah diteliti di laboratorium sekolah, hasilnya mencengangkan. Air dari keran penuh dengan bakteri dalam jumlah besar. Sedangkan air toilet menunjukkan relatif bersih dari bakteri.

Kyleray lantas menyimpulkan bahwa bersihnya air di toilet mungkin karena tempat itu sering kali disiram dengan cairan pembersih kimia.

Hasil tes itu dipresentasikan Kyleray kepada dewan sekolah. Melihat hasilnya, para administrator sekolah akhirnya memindahkan klep dari tiga keran air minum untuk para siswa.

"Ini pelajaran berharga. Sebab, kita tidak selalu jeli melihat apa yang harus diperbaiki di sekolah ini," ujar Kepala Sekolah Scott Edmonson seperti dikutip dari AP, 11 Juni. Ia juga berujar, "Sekarang Anda pasti terkejut betapa bersihnya air di toilet." (*/H-1).



Post Date : 13 Juni 2007