Akankah BKT Tembus Laut Akhir Desember? (1)

Sumber:Kompas - 19 Desember 2009
Kategori:Banjir di Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tetap optimistis jika proyek Banjir Kanal Timur atau BKT sepanjang 23,5 km akan mulai digunakan pada akhir Desember 2009. Seluruh permasalahan yang selama ini menghambat pembangunan, seperti pembebasan tanah warga, diakui telah diatasi.

"Kami optimistis, akhir Desember BKT tembus laut," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Budi Widiantoro ketika dihubungi Kompas.com, Sabtu (19/12/2009). Ia mengatakan hal itu ketika ditanya mengenai kepastian waktu BKT mulai dialiri air.

Budi menjelaskan, pemerintah telah menyelesaikan masalah pembebasan tanah di beberapa lokasi yang dilintasi BKT. "Soal sengketa tanah sudah enggak ada masalah. Kami telah titipkan uang pembebasan tanah ke pengadilan. Tinggal bongkar (bangunan) aja, lalu diuruk tanahnya," ucap dia.

Proyek BKT melintasi sejumlah kelurahan di Jakarta Timur dan dua kelurahan di Jakarta Utara. Kelurahan yang dilintasi adalah Cipinang Besar Selatan, Cipinang Muara, Pondok Bambu, Duren Sawit, Pondok Kelapa, Malaka Sari, Malaka Jaya, Pondok Kopi, Pulo Gebang, Ujung Menteng, Cakung Timur, Rorotan, dan Marunda.

Pantauan Kompas.com saat menyusuri BKT dari Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur, hingga Marunda, Jakarta Utara, yang kemudian bermuara di laut Jawa, di beberapa lokasi masih berdiri bangunan sehingga pengerukan belum dapat dilakukan. Di wilayah Jakarta Timur masih banyak wilayah yang belum dikeruk.

Menurut Toto selaku salah satu karyawan kontraktor, masih terdapat empat bidang tanah yang belum dapat dikeruk di wilayah kerjanya sepanjang satu kilometer mulai dari Cipinang Besar Selatan ke arah Pondok Kopi. Di atas empat bidang tanah itu masih berdiri bangunan. "Belum dapat perintah diuruk. Tinggal itu aja masalahnya. Tapi sudah bisa dilewati air," ucap dia.

Lokasi lain yang belum dikeruk karena persoalan sengketa tanah yaitu daerah Duren Sawit, tepatnya di sekitar restoran McDonald's. Di sana masih ada beberapa rumah yang masih berdiri. Di beberapa lokasi yang bersengketa itu dipasangi papan-papan bertuliskan "Tanah Ini Belum Dibayar" oleh pemilik tanah.

Pantauan di lapangan, para pekerja kontraktor di beberapa lokasi terus melakukan pengerukan tanah dengan alat-alat berat. Selain belum dikeruk, dinding kanan dan kiri jalur BKT belum mendapat pengecoran. Ini seperti terlihat di daerah Ujung Menteng dan Cakung. SAN



Post Date : 19 Desember 2009