Akar Pohon Sumbat Pipa PDAM

Sumber:Indo Pos - 20 Mei 2005
Kategori:Air Minum
SAMPANG - Akibat pemasangan pipa yang kurang sempurna, pipa PDAM Trunojoyo yang melintas di Jalan Delima tersumbat. Akibatnya, suplay air bersih kepada 50 pelanggan di daerah ini macet total. "Sudah lima bulan ini, air PDAM di Jalan Delima tidak mengalir sama sekali," ungkap Dirut PDAM Trunojoyo H Soepandi Riambomo.

Macetnya suplay air tersebut, disebabkan karena pipa PDAM tersumbat akar pohon. Sehingga, aliran air menjadi tidak lancar. "Setelah kami bongkar, akar pohonnya cukup banyak," ujarnya sambil menunjukkan akar pohon kepada Bupati H Fadhilah Budiono dan anggota muspida, kemarin siang.

Menurut dia, meskipun pompa Sumber Glisgis sudah diganti, tapi aliran air PDAM ke pelanggan Jalan Bahagia sampai Jalan Merpati tetap saja kecil. Kecuali, bila pipanya diganti 6 dim. "Sebenarnya, usulan ini sudah disetujui pemkab. Tapi, sampai saat ini, rencana tersebut belum terealisasi," jelas Soepandi.

Akibat kerusakan motor sumber air Glisgis, hampir satu bulan pasokan air bersih kepada ribuan pelanggan PDAM Trunojoyo di Kota Sampang macet total dan tidak mengalir sama sekali. Termasuk pasokan air bersih ke rumah dinas bupati, wakil bupati, Sekdakab, dan Kantor Biro Radar Madura Jalan Imam Ghozali Sampang.

Tapi, dengan digantinya kapasitas tekanan motor sumber Glisgis menjadi 38 Head, diharapkan distribusi air ke pelanggan semakin lancar. Sebab, tekanan air yang dikeluarkan lebih tinggi dan cepat. Kemampuan sumber air Glisgis mencapai 60 liter/detik.

Sedangkan untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber air Gunung Maddah, manajemen PDAM Trunojoyo membeli motor baru berkapasitas 37 KW/65 Head. Sebelumnya, kapasitas motor sumber ini hanya 22 KW/38 Head. Padahal, kemampuannya mencapai 80 liter/detik. (fiq)

Post Date : 20 Mei 2005