Akhir Oktober 2005 Dana Tahap I (40%) PKPS-BBM IP, Ditargetkan Cair Seluruhnya

Sumber:Departemen Pekerjaan Umum
Kategori:Umum
Direktur Bina Program, DJCK, Dep PU, Djoko Murjanto, menargetkan Akhir Oktober 2005, Dana PKPS-BBM IP untuk pencairan tahap I (40%) dapat terserap seluruhnya. Hal ini disampaikan dalam Rapat Koordinasi PKPS-BBM IP dengan Konsultan Bantuan Teknis (Bantek) dari seluruh Indonesia yang diadakan Selasa (18/10) di Ruang Sapta Taruna, Dep PU. Hadir pula dalam rapat koordinasi tersebut seluruh konsultan manajemen propinsi, seluruh konsultan pendamping kabupaten/ kota dan para anggota Satgas PKPS-BBM IP Pusat.

Rapat ini juga merupakan ajang koordinasi pertama yang dilakukan sejak mobilisasi konsultan pendamping di seluruh daerah di Indonesia untuk percepatan pencapaian target pelaksanaan Pekerjaan PKPS-BBM IP. Seluruh rangkaian kegiatan diharapkan dapat selesai tepat waktu sebelum 31 Desember 2005.

Dalam arahannya, Djoko Murjanto menekankan persamaan persepsi dan interpretasi dari seluruh pihak yang berkepentingan khususnya Konsultan Manajemen Propinsi maupun Konsultan Pendamping di setiap kabupaten/Kota untuk lebih cerdas, cermat dan cerdik dalam menyikapi setiap permasalahan yang muncul. Selain itu dengan terbatasnya waktu dan biaya diharapkan juga untuk lebih berani dan berinovasi untuk mencari jalur-jalur cepat (fast track) tetapi tetap tidak bertentangan dengan peraturan yang berlaku, baik Keppres 80/2003 maupun Pedoman Teknis yang ada.

Variasi permasalahan yang muncul akan sangat beragam mengingat kondisi medan yang berbeda di setiap daerah di seluruh Indonesia. Perilaku personil/Kader Desa/Fasilitator Kecamatan serta perilaku masyarakat sekitar, pendekatan teknis, maupun unsur politik merupakan hal-hal yang harus menjadi perhatian khusus dalam memberikan advokasi dan arahan oleh Konsultan kepada Satker maupun kepada Organisasi Masyarakat Setempat (OMS), jelas Djoko Murjanto dalam Rakor tesebut.

Berbicara pula dalam kesempatan Rapat Koordinasi ini, Yusdhani Siregar, yang mewakili Departemen Keuangan dalam menjelaskan mekanisme pelaksanaan dan pencairan dana PKPS BBM IP. Rapat Koordinasi ini ditutup dengan evaluasi dan rencana tindak lanjut setelah terlebih dahulu dilakukan identifikasi terhadap permasalahan-permasalahan yang muncul sampai dengan saat ini dan juga prediksi masalah dan solusi di masa yang akan datang. Selain itu dalam Rakor ini juga disepakati pencairan dana tahap II (40%) ditargetkan sudah harus terserap semua pada akhir November 2005, dan pencairan dana tahap III (20%) sudah harus terserap seluruhnya pada pertengahan Desember 2005. (Subdit Data & Informasi, DJCK)

Post Date : 19 Oktober 2005