AMPL, Fasilitator Pemkab dan Masyarakat

Sumber:Bangka Belitung Pos - 04 September 2004
Kategori:Air Minum
TOBOALI - Setelah dibuka Asisten II Pemkab Bangsel, Syukur Rais SH, Kamis (2/9), Lokakarya Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) dan Isu Strategis AMPL Berbasis Masyarakat vang bertempat di Gedung Nasional Toboali Bangsel, akhirnya ditutup Ketua Pokja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Bangsel, Drs H Zulfikar Romawi MA, kemarin (3/9).

Dalam sambutannya, Zulfikar Romawi yang juga kepala Bappeda Kabupaten Bangsel ini antara lain mengatakan bahwa AMPL Bangsel, lahir karena kesadaran Pemkab Bangsel, akan kondisi air minum dan penyehatan lingkungan di wilayah Bangsel yang sudah memperihatinkan.

Ditingkat Kabupaten Bangsel telah terbentuk Pokja AMPL yang berbasis masyarakat, Pokja ini dibentuk dengan tujuan untuk membantu dan memfasilitasi Pemkab dan masyarakat Bangsel dalam mewujudkan pembangunan AMPL berbasis masyarakat yang berkelanjutan. Dikatakan Zulfikar, inti dari lokakarya AMPL ini untuk memperdalam kebijakan AMPL dan isu stratagis AMPL berbasis masyarakat. Kelompok Kerja (Pokja) AMPL ini terang Zulfikar, merupakan bagian integral dari semangat nasional untuk menempatkan persoalan pembangunan, dan pengelolaan AMPL akan menjadi prioritas pembangunan dimasa sekarang dan yang akan datang.

"Namun yang lebih penting, proses ini melibatkan dari LSM, legislatif yang akan menjadi mitra yang saling memperkuat didalam mewujudkan masalah AMPL ini seperti yang kita harapkan proses melibatkan secara aktif dan pembelajaran masyarakat dalam keseluruhan program AMPL berbasis masyarakat sejak dari perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, bahkan pada akhirnya terbangun masyarakat yang siap untuk melaksanakan program secara mandiri".

Sementara itu anggota Pokja AMPL Babel, H Husein Pasaribu dikesempatan yang sama mengatakan, Lokakarya ini sudah didesain sedemikian rupa, dilaksanakan tidak hanya di Kabupaten Bangsel saja tetapi ada di enam kabupaten lainnya dari 7 Provinsi yang disetujui. "Jadi apa yang kita lakukan sekarang juga dilakukan oleh Kabupaten lain yakni Lokakarya pendalaman kebijakan air minum dan penyehatan lingkungan dan isu strategis AMPL berbasis masyarakat". (029)

Post Date : 04 September 2004