Analisis Konsentrasi Nox di Dalam Ruangan pada Rumah Tinggal di Tepi Jalan Raya dengan Metode Sampling Pasif (Studi Kasus: Wilayah Karees, Bandung)

Pengarang:Ardhini Retno Putri
Penerbit:Bandung, Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil & Lingkungan, Institut Teknologi Bandung (ITB), 2009
Tahun Terbit:Th. 2009
No. Klasifikasi:363.7 PUT a
Kata Kunci:paper, air pollution, teknologi pengomposan sampah, seminar pengelolaan limbah padat – teknologi, TL ITB
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021-31904113
Kategori:Pedoman/Panduan

Nitrogen Oksida (NOx) adalah salah satu gas yang termasuk dalam kelompok gas yang sangat reaktif dan berada bebas di atmosfer yang terdiri dari gas nitrik oksigen (NO) dan nitrogen dioksida (NO2). NOx biasanya terbentuk ketika bahan bakar fosil dibakar pada suhu yang tinggi atau dalam proses pembakaran. NOx di udara memiliki efek beracun secara langsung pada manusia, khususnya bagian saluran pernafasan dan NOx ini dapat bereaksi dengan bahan-bahan pencemar lain yang menimbulkan berbagai permasalahan udara, yaitu fenomena kabut, hujan asam hingga pemanasan global.
  
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui konsentrasi NOx sebagai NO2 dalam ruangan rumah yang terletak di pinggir jalan dengan kerapatan antar rumah yang cukup tinggi dan kondisi lalu lintas yang ramai di wilayah Karees, Bnadung. Selain itu, penentuan sumber NOx dapat dilakukan dengan pengumpulan data kuesioner yang berkaitan dengan kegiatan yang terjadi di dalam dan pengaruh dari luar rumah seperti transportasi atau pembakaran lainnya.

Resume dari paper ini terdapat di ”Resume Seminar Tugas Akhir Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, ITB, 18 Agustus 2009“
 



Post Date : 21 Agustus 2009