Analisis Multi Kriteria Pemilihan Teknologi Pengomposan Sampah dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

Pengarang:Adi Susangka
Penerbit:Bandung, Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil & Lingkungan, Institut Teknologi Bandung (ITB), 2009
Tahun Terbit:Th. 2009
No. Klasifikasi:631.875 SUS a
Kata Kunci:paper, recycling, teknologi pengomposan sampah, seminar pengelolaan limbah padat – teknologi, TL ITB
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021-31904113
Kategori:Pedoman/Panduan

Sampah domestik merupakan masalah yang berasal dari aktivitas kehidupan manusia yang tidak dapat dihindarkan lagi, sehingga hal ini memerlukan penanganan yang baik. Sistem pengelolaan sampah terdiri dari penanganan sampah di sumber, penyimpanan, transportasi, pengolahan, dan pembuangan akhir. Teknologi pengolahan sampah sebaiknya disesuaikan dengan karakteristik sampah dan kondisi daerah setempat. Keterbatasan dalam hal finansial dan sumberdaya yang lain sehingga dibutuhkan strtaegi yang tepat untuk mengatasinya. Komposisi sampah domestik didominasi oleh jenis sampah organik, dimana jenis ini sangat cocok untuk dikomposkan. Seperti di negara berkembnag lainnya, komposisi sampah domestik di Indonesia masih didominasi oleh zat organik.
  
Terdapat beberapa jenis teknologi pengomposan yang kita kenal, dan pengelola sampah sebaiknya memilih pilihan yang terbaik, yang mampu memenuhi kebutuhan dan kriteria yang disyaratkan oleh pengelola.
  
Penelitian ini bisa dijadikan alat (tool) bagi para pengambil keputusan untuk memilih teknologi pengomposan yang sesuai, dengan pertimbangan banyak aspek seperti keuangan, sosial, dan lain-lain.

Resume dari paper ini terdapat di ”Resume Seminar Tugas Akhir Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, ITB, 18 Agustus 2009“
 



Post Date : 21 Agustus 2009