Antisipasi Banjir,100 Sumur Resapan Dibangun

Sumber:Koran Sindo - 05 Desember 2007
Kategori:Banjir di Jakarta
DEPOK (SINDO) Untuk mengantisipasi banjir, Pemkot Depok segera membangun 100 sumur resapan. Lokasi yang dijadikan target pembangunan 100 sumur resapan adalah sekolah dasar (SD) yang ada di Kota Depok.

Sudah ada lima sekolah yang masuk program ini, yakni SDN Tanah Baru I dan II serta SDN Pondok Cina I, II, dan III. Dana yang dianggarkan sebesar Rp180 juta dari APBD Depok. Kita ingin itu menjadi contoh di masyarakat bahwa sejak dini perlu ada persiapan, kata Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Depok Welman Naipospos, kemarin.

Selain itu,Welman berharap masyarakat berperan aktif mengantisipasi datangnya banjir. Artinya, warga harus membuat sumur resapan di rumah masing-masing. Swadaya warga sangat dibutuhkan. Pemkot tidak mungkin melakukan semuanya sendiri, paparnya.

Di tempat terpisah, Camat Limo Yayan Arianto mengatakan, saat ini wilayahnya gencar membuat sumur resapan. Pasalnya, cadangan air tanah di Kec Limo berkurang drastis akibat suplai dari permukaan menurun. Yayan menyatakan,salah satu wilayah yang cadangan airnya berkurang adalah Pondok Cina.

Di kawasan tersebut, biasanya air sumur sudah mengalir deras pada kedalaman 6 meter. Namun sekarang, warga harus melakukan penggalian hingga 23 m untuk mendapatkan air sumur.

Kita sudah membangun sejumlah sumur resapan di Limo. Setiap kelurahan dibangun tiga unit,di Limo ada 8 kelurahan, berarti ada 24 sumur resapan. Selain itu, di Kantor Camat, Polsek, dan Koramil, masing-masing dibangun satu sumur resapan. Target kami, 100 sumur resapan baru ada di Limo. Saya juga menerima informasi dari Lurah Gandul bahwa warga di Kompleks Pertamina siap membuat sumur resapanucapnya.

Untuk membuat sumur resapan dibutuhkan biaya bervariasi, mulai dari Rp800.000 3juta. Biasanya, satu sumur resapan memiliki lebar 1,2 m dengan kedalaman 3 m.Terkait pembuatan sumur resapan, kata Yayan, pihaknya akan memberdayakan masyarakat. (sazili mustofa)



Post Date : 05 Desember 2007