Asia Pasific Ministerial Conference and Infrastructure Asia 2010

Sumber:bappenas.go.id - 15 April 2010
Kategori:Umum

Asia Pacific Ministerial Conference, yang diselenggarakan pada tanggal 14-17 April 2010, di Jakarta International Expo, Kemayoran, adalah forum infrastuktur paling penting di tahun 2010 ini. Pameran ini menempati lahan seluas 10.000 m dan diikuti oleh 129 peserta pameran. Konferensi ini adalah salah satu konferensi terbesar yang diselenggarakan di Jakarta dengan 130 pembicara, 78 diantaranya adalah pembicara internasional, dan dihadiri 1300 delegasi. 

 
Konferensi ini dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono, sedangakan acara pameran dibuka oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Prof. Dr. Armida S. Alisjahbana, SE, MA.
 
Konferensi ini diisi dengan beberapa forum diskusi tingkat tinggi. Pembicara dalam forum-forum tersebut adalah Wakil Presiden Republik Indonesia, Boediono; Sekretaris Eksekutif ESCAP Noeleen Heyzer; Menteri Koordinator Bidang Perekonomian M. Hatta Rajasa; Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati; Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring; Kepala BKPM Gita Wiryawan; Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro; Menteri Perindustrian Mohammad S. Hidayat; Menteri Perhubungan Freddy Numberi; Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto; Kepala Badan Kebijakan Fiskal Anggito Abimanyu; Direktur PLN Dahlan Iskan, sedangkan pembicara dari luar negeri, diantaranya, adalah Wakil Presiden Republik Islam Iran Ebrahim Azizi; dan Menteri Transportasi Republik India.
 
Pihak swasta diwakili pimpinan perusahaan atau organisasi ternama, diantaranya, Wakil Direktur General Electric John Krenickij; Wakil Presiden Intel Corporation John Davies; Anggota Dewan Direktur Eksport dan Import Bank U.S Diane Farrell; Wakil CEO MEC Holdings Madhu Koneru; Country Director ADB untuk Indonesia Mr. James A. Nugent; Country Director World Bank untuk Indonesia Mr. Joachim Von Amsberg; dan Hongjoo Hahm, dari World Bank.
 
Penyelenggara acara ini adalah Pemerintah Indonesia, di bawah koordinasi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional dan didukung oleh UNESCAP, ADB, dan World Bank. Tujuan utama acara ini adalah untuk terciptanya forum yang mempertemukan pemerintah, pelaku bisnis, dan para ahli ternama untuk mendiskusikan dan menemukan solusi terkait proyek-proyek infrastuktur di Asia Pasifik. (Humas)


Post Date : 15 April 2010