Atasi Air Masin, PDAM Bangun Instalasi Air

Sumber:Kompas - 19 Mei 2005
Kategori:Air Minum
Banjarmasin, Kompas - Walaupun berjuluk "Kota Seribu Sungai", Banjarmasin, Kalimantan Selatan, tetap memiliki banyak kendala dalam penyediaan air bersih. Pengaruh kemarau mengakibatkan bahan baku terasa asin dan tidak bisa digunakan. Sementara pada musim hujan, air sungai menjadi makin keruh dan coklat pekat sehingga butuh dana ekstra lima kali lipat untuk mengolah.

Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih, Kota Banjarmasin, Zainal Arifin, seusai peletakan batu pertama pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Banjarmasin, Rabu (18/5), mengatakan, untuk mengatasi masalah tersebut sudah saatnya Banjarmasin menambah IPA berkapasitas 500 liter per detik. Peresmian dihadiri Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum Budi Yowono dan Penjabat Wali Kota Banjarmasin Iskandar.

Saat ini kapasitas instalasi PDAM Bandarmasih mencapai 1,071 liter per detik yang melayani 79.753 sambungan atau 79 persen warga Kota Banjarmasin yang jumlahnya 606.405 jiwa. Dengan pembangunan IPA baru, diharapkan mencapai 1.571 liter per detik.

PDAM Bandarmasih dari intake Sungai Tabuk. Kapasitas terpasang intake Sungai Tabuk baru 600 liter per detik, padahal pada waktu kemarau sungai tersebut mampu memasok 1.275 liter per detik.

Di intake Sungai Bilu kondisinya memprihatinkan karena pada musim kemarau terpaksa pasokannya dihentikan karena asin. "Kondisi tersebut berdampak pada penurunan produksi dan kesinambungan distribusi air bersih ke pelanggan," katanya. (AMR)



Post Date : 19 Mei 2005