Atasi Sanitasi, Buku Putih Diluncurkan

Sumber:Koran Sindo - 26 Oktober 2011
Kategori:Sanitasi
DEPOK – Air limbah, sampah, dan perilaku hidup tak sehat menjadi masalah sanitasi di Kota Depok. Pola pemikiran yang salah di masyarakat tentang septic tank menjadi masalah utama sektor air limbah. 
 
Septic tank yang dimiliki warga menjadi sumbangan limbah karena tidak pernah disedot. Untuk itu, Pemerintah Kota Depok meluncurkan buku putih yang berisi rangkuman mengenai kondisi sanitasi di Depok. 
 
”Dengan begitu, kami dapat menemukan kendala dan hambatan serta merumuskan akar masalah. Setelah itu, ditindaklanjuti dengan penyusunan strategi dan pemilihan sistem sanitasi yang terbaik untuk diaplikasikan di Kota Depok,” kata Kepala Badan Perencanaan Daerah Kota Depok Khamid Wijaya kemarin. 
 
Selain merangkum masalah limbah, buku tersebut juga mengulas persoalan utama sanitasi tersebut adalah air limbah, persampahan, dan perilaku hidup sehat. Pengumpulan data dilakukan dengan data sekunder dan primer diperoleh melalui survei environmental health risk assessment. 
 
Tim melakukan pertemuan rutin untuk mengumpulkan, mengkaji, dan menganalisis data. ”Metodenya studi literatur, wawancara, focusgroup discussion, dan survei lapangan,” ujarnya. Dia menjabarkan, permasalahan yang kemudian muncul antara lain kurangnya sarana pengolahan air limbah di Kota Depok. 
 
”Masih banyak penggunaan cubluk dan pembuangan air limbah rumah tangga tanpa saluran. Terutama pada permukiman padat, masih rendahnya pemahaman masyarakat dalam pengelolaan air limbah rumah tangga, serta masih rendahnya pengetahuan masyarakat dalam pemilahan sampah,” jelasnya. (ratna purnama)


Post Date : 26 Oktober 2011