Bandung Selatan Tenggelam Lagi

Sumber:Jawa Pos - 05 April 2005
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
DAYEUHKOLOT - Bandung Selatan, Jawa Barat (Jabar) tak usai dilanda banjir.Kemarin sore, setelah terjadi hujan lebat, sungai Citarum dan anak sungainya meluap. Akibatnya, Kabupaten Bandung digelontor banjir bandang.

Anak sungai Citarum yang ikut meluap adalah sungai yang melintasi Kecamatan Dayeuhkolot dan Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. Akibatnya, tak kurang 3.795 unit rumah tergenang banjir, serta ribuan warga mengungsi.

Padahal, sebagian besar warga pada siang harinya telah membersihkan rumah dan menjemur beragam barang-barang rumah tangga yang basah, akibat banjir pada akhir pekan lalu.

Pantuan di lapangan, di Kecamatan Dayeuhkolot kawasan yang tergenangi banjir meliputi; Kelurahan Pasawahan dan Desa Cangkuang Wetan. Sedangkan di Kelurahan Pasawahan, banjir melanda Kampung Citepus, Cisirung, Palasari, serta Citeureup. Di kawasan Desa Cangkuang Wetan, kawasan yang tergenang banjir meliputi, Kampung Seke Andir, Bojong Citeupus, Bojong Ciseureuh, Cibedug Girang, dan Cibedug Hilir. Untuk di Kecamatan Baleendah, banjir menggenangi Desa Andir dan Kelurahan Baleendah.

Maman Sulaeman Ketua Rt 02/03, Kelurahan Pasawahan, menyesalkan pemerintah yang lamban dalam mengambil langkah mengatasi banjir di kawasan Bandung Selatan itu. Soalnya, banjir di kawasan Bandung Selatan telah terjadi sejak tahun 1994 silam.

Mestinya, harap bapak dua anak ini, pemerintah sigap dengan melakukan normalisasi sungai yang terus mengalami penurunan kualitas. (ris)



Post Date : 05 April 2005