Bangun TPA Butuh Rp20 Miliar

Sumber:Koran Sindo - 07 Maret 2012
Kategori:Sampah Luar Jakarta

KENDAL – Pemkab Kendal akan segera membangun tempat pembuangan akhir (TPA) di Desa Darupono,Kecamatan Kaliwungu Selatan.

 
Untuk membangun sebuah TPA,dana yang dibutuhkan mencapai Rp20 miliar.Pemkab terpaksa membangun TPA baru karena TPA lama di Desa Jatirejo,Kecamatan Ngampel ditutup awal 2012 karena mendapat protes dari warga. Kepala Dina Cipta Karya dan Tata Ruang (Ciptaru) Noor Fauzie mengaku lahan yang sudah tersedia di calon lokasi TPA seluas 1,3 hektare. Lahan seluas itu akan dijadikan TPA berdampingan dengan TPA lama yang jaraknya hanya sekitar 1 km. Di lokasi tersebut nanti akan dilengkapi dengan tanah untuk menguruk sampah dan buldoser untuk meratakan tanah. 
 
”Nanti sampah yang tiba di TPA langsung akan diuruk dengan tanah agar bisa dipakai lagi,” ujarnya kemarin. Menurut Fauzie, sejak TPA Jatirejo ditutup, praktis TPA yang masih bisa digunakan adalah TPA Darupono I, Kaliwungu Selatan dan TPA Pagergunung, Pageruyung. Karena jaraknya berjauhan, waktu truk mengangkut sampah lebih lama. 
 
Anggota Komisi A DPRD Kartika Nursapto menyambut baik pemindahan TPA Jatirejo ke Darupono. Sebab,TPA Jatirejo sudah meresahkan warga sekitar. Pencemaran air dan udara kerap dikeluhkan warga sekitar. Selain itu, beberapa sumur warga telah tercemar air limbah TPA. zaenal alimin


Post Date : 07 Maret 2012