Banjir Akibat Drainase Jelek

Sumber:Indo Pos - 12 Maret 2007
Kategori:Drainase
BATANG - Kondisi drainase diperkotaan Batang secara umum belum tertata. Indikasinya, setiap musim hujan selalu muncul genangan air di bahu jalan dan badan jalan. Ini karena saluran drainase tak berfungsi. " Untuk itu kami berharap pada instansi terkait seperti Bappeda, DPU dan KKP membentuk tim bersama untuk menanganinya. Agar dimasa mendatang persoalan drainase bisa diatasi," kata Ketua Strategi Pembangunan Jangka Menengah, (SPJM), Subardi ST, kemarin.

Kawasan yang sering terjadi genangan banjir seperti bahu jalan A.Yani, Jl. Gajah Mada, Jl. Dr.Cipto, Jl. Yos Sudarso, Jl. RE. Martadinata, Depan Gedung Wanita, Depan Ruko Batang, Perum Kalisalak, Kalipucang dan Watesalit. Kawasan tersebut tiap tahun kebanjiran atau tergenang air.

Senada, Komisi D H Taufani Dwi Arieyanto menilai, kondisi drainase kota sudah tidak layak dan perlu perencanaan ulang. Ini untuk menyesuaikan dengan perkembangan perkotaan, kepadatan pemukiman, pembangunan jalan dan fasilitas publik lainya. Taufani menyebut, untuk menangani masalah banjir jangan secara parsial, tapi harus menyeluruh."Master plan drainase merupakan kunci utama. Dengan adanya master plan drainase akan lebih mudah untuk mendeteksi simpul-simpul daerah banjir. Selain itu juga bermanfaat untuk mendesign saluran," tukas Ari. (dik)



Post Date : 12 Maret 2007