Banjir dan Jalan Amblas di Tasikmalaya

Sumber:Kompas - 06 Juli 2004
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
Tasikmalaya, Kompas - Hujan deras yang mengguyur berbagai kawasan di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, sejak Sabtu pekan lalu, setidaknya menyebabkan dua bencana alam di daerah tersebut.

Bencana pertama terjadi pada Minggu (4/7) sekitar pukul 15.00 di Desa Karang Sembung, Kecamatan Jamanis, Tasikmalaya. Jalan kabupaten yang menghubungkan Desa Gombong dan Pakemitan Kidul, Jamanis, yang melintas di desa itu, amblas sepanjang sekitar 15 meter dengan kedalaman hingga 50 sentimeter.

Hingga Senin siang kerusakan jalan ini belum juga diperbaiki. Akibatnya, kendaraan roda empat atau lebih dari Kota Tasikmalaya yang akan menuju Desa Gombong harus berjalan memutar melalui jalan kampung yang ada di Desa Karang Sembung.

"Kami belum dapat memperbaiki jalan tersebut karena tidak punya dana. Selain itu, ruas jalan tersebut merupakan jalan kabupaten sehingga wewenang perbaikan ada di Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya," ujar Kepala Kecamatan Jamanis Rohman Dahlan.

Sementara itu, pada Sabtu pekan lalu Sungai Hariman di Kecamatan Cipatujah, Tasikmalaya, juga meluap. Akibatnya, rangka jembatan Nagrog yang menghubungkan Desa Nagrog dan Desa Cipatujah roboh dan hanyut terbawa arus hingga belasan meter.

"Sebenarnya luapan Sungai Hariman saat itu tidak begitu besar. Masalahnya, ketika meluap aliran air sungai itu juga membawa berbagai sampah yang besar, seperti batang pohon pepaya dan pohon pisang. Sampah inilah yang menghanyutkan rangka jembatan Nagrog," ujar Kepala Kecamatan Cipatujah Endang Cardikin.

Untuk mencegah kerusakan yang lebih parah, pada Senin pagi rangka jembatan Nagrog yang hanyut itu segera diangkat untuk diperbaiki. "Meski demikian, akibat peristiwa ini kami rugi hingga sekitar Rp 15 juta," keluh Endang. (NWO)

Post Date : 06 Juli 2004