Banjir di Jakarta Timur Mulai Surut

Sumber:Republika - 26 Januari 2005
Kategori:Banjir di Jakarta
JAKARTA- Meski hujan masih turun, banjir yang terjadi di sejumlah wilayah di Jakarta Timur hari Selasa berangsur-angsur mulai surut. "Saat ini kondisi banjir di daerah Cawang, Teratai dan Kampung Melayu yang sebelumnya cukup parah berangsur-angsur mulai turun. Tinggi air di pintu air Depok dan Manggarai juga relatif normal," kata petugas Posko Banjir Sudin Tramtib Jakarta Timur, Dayat, di Jakarta, kemarin (25/1).

Sementara itu menurut Suhardjo, petugas di Pintu Air Manggarai, hingga kemarin (25/1) pukul 10.00 WIB tinggi air di Pintu Air Manggarai dan Depok masing-masing 750 cm dan 132 cm, dibanding kondisi normal di kedua tempat tersebut masing-masing 750 dan 170 centimeter. "Kondisi hujan yang cuma rintik-rintik seperti ini biasanya banyak berpengaruh. Yang masih perlu diwaspadai dalam kondisi pintu-pintu air di Depok, kalau tingginya mulai naik kita harus segera mempersiapkan diri," kata Dayat.

Untuk mengantisipasi hal tersebut Posko Banjir Jakarta Timur, menurut Dayat, sudah mempersiapkan peralatan yang diperlukan seperti perahu karet dan pelampung. "Kami juga tetap siaga di posko untuk mengantisipasi segala kemungkinan. Saat ini terdapat sepuluh orang petugas siaga," katanya. Sementara itu menurut Lurah Kampung Melayu, Luthfi Kamal, saat ini kondisi banjir di wilayahnya juga tidak mengalami kenaikan yang berarti. "Kini keadaan aman-aman saja. Sebenarnya senja kemarin sudah mulai surut, tetapi karena hujan lagi air sedikit naik," katanya.

Menurut dia saat ini jumlah pengungsi akibat banjir di Kampung Melayu sebanyak 914 orang. Bantuan berupa makanan untuk mereka juga terus mengalir. "Pagi tadi Palang Merah Indonesia (PMI) menyiapkan sekitar seribu porsi bubur kacang hijau, sedang Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) menyiapkan sekitar 500 gelas susu," katanya. Bantuan PMI dan KNPI itu menurut dia diberikan secara rutin.

Sekalipun ketinggian air di beberapa pintu air mulai surut tetapi Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) menghimbau masyarakat untuk tetap mewaspadai kemungkinan terjadinya banjir lagi. Sebab data prospek cuaca mingguan BMG menyebutkan, hujan lebat akan terjadi pada 25 Januari hingga 28 Januari 2005 di Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabotabek). (ant)

Post Date : 26 Januari 2005