Banjir di Muara Baru Mulai Surut

Sumber:Kompas - 03 Desember 2007
Kategori:Banjir di Jakarta
Jakarta, Kompas - Air pasang yang membanjiri Muara Baru, Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara, mulai surut sejak dua hari lalu. Aktivitas warga pun kini berangsur normal.

"Tinggi air banjir sudah menyusut sampai sekitar lima sentimeter. Sekarang kami bisa kembali ke rumah dan mulai membenahi rumah yang rusak," kata Daeng Jungke, warga RT 19/17, Sabtu (1/12).

Menurut Daeng Jungke, kerusakan terparah terjadi di RT 19 dan RT 20. Kini, sebagian besar warga di kedua RT mulai membersihkan rumah dari sampah akibat genangan air pasang tersebut. Warga yang rumahnya rusak parah untuk sementara waktu memilih menginap di rumah saudara.

Seiring dengan menyusutnya air banjir, Kelurahan Penjaringan memutuskan untuk menutup kedua posko banjir di Muara Baru. "Sudah tidak ada lagi warga yang datang berobat ke posko dan banjir tidak lagi mengganggu kegiatan warga. Kami menutup posko," kata Kepala Puskesmas Penjaringan Bernadeth Tirayo.

Bernadeth menambahkan, pembagian obat dan makanan juga sudah dihentikan karena warga sudah bisa beraktivitas kembali. "Warga Muara Baru sudah sering kebanjiran. Dengan kondisi seperti sekarang, mereka sudah menganggap normal," ujar Bernadeth.

Baru didata

Ketua RT 19 Tarsono mengatakan, pihak kelurahan sudah mendata rumah-rumah yang rusak. Namun, warga sampai saat ini belum mendapatkan bantuan. "Warga ingin segera memperbaiki rumah karena mereka tidak ingin dievakuasi," ujarnya.

Mengenai tanggul yang jebol, dinas pekerjaan umum telah membangun tanggul baru berupa susunan batu dan karung pasir yang diikat dengan kawat besi. Namun, tanggul darurat itu belum sempurna sehingga saat pasang kembali jebol. (A04)



Post Date : 03 Desember 2007