Banjir di Pesisir Barat Aceh Meluas

Sumber:Media Indonesia - 08 November 2012
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
BANJIR di kawasan pantai barat selatan Provinsi Aceh meluas. Jika sebelumnya banjir hanya menggenangi Kabupaten Singkil, kini menyebar ke tiga kabupaten lainnya.
 
Empat kabupaten yang dilanda banjir, yakni Singkil, Aceh Barat Daya, Aceh Barat, dan Aceh Jaya. Hujan yang terus-menerus dalam empat hari terakhir menjadi penyebab meluasnya banjir di kawasan itu.
 
Lokasi paling parah terjadi di Singkil, Kabupaten Aceh Singkil. Pasalnya, banjir kirim an dari berbagai kecamatan di kabupaten tersebut mengalir ke Singkil, yang lokasinya persis di Muara Sungai Singkil atau pinggiran perairan laut Samudra India.
 
Ketinggian air di Kecamatan Singkil mencapai 1 hingga 1,5 meter. Di kawasan Desa Ujung Bawang warga harus menggunakan perahu kayu untuk fasilitas transportasi.
 
Sejumlah sekolah mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA terhenti aktivitas belajar me ngajarnya. “Kami takut terjadi kecelakaan kalau anak-anak pergi sekolah,” kata Syahrul, tokoh masyarakat Singkil.
 
Di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, sedikitnya 27 rumah dan 1 masjid di Kampung Sindangraja RT 02/05, Desa Sindangraja, Kecamatan Sukaluyu, disapu angin puting beliung, Selasa (6/11) sekitar pukul 20.00 WIB. Satu bangunan rumah dan bangunan masjid mengalami rusak berat setelah tertimpa pohon tumbang. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Hanya saja kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.
 
Terjadinya angin puting beliung tidak diprediksi warga sebelumnya. Sebab, biasanya angin puting beliung ter jadi saat hujan deras. Warga kaget saat langit tiba-tiba saja berubah gelap. Tak lama terdengar suara gemuruh disertai angin kencang. Warga tidak ada yang berani ke luar rumah lantaran angin bertiup sangat kencang.
 
Kemarin, terjangan angin puting beliung juga kembali melanda wilayah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Akibatnya, dua rumah warga Dusun Krajan, Desa Bobol, Kecamatan Sekar, rusak berat dan 34 unit lainnya mengalami kerusakan ringan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Kerugian materi masih dalam pendataan.
 
Di Yogyakarta, untuk menekan timbulnya korban bencana, terutama banjir lahar dingin sisa erupsi Gunung Merapi, pemerintah daerah setempat kemarin menggelar kesiapsiagaan menghadapi bencana.
 
Di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, pejabat setempat mengingatkan bahwa banjir Sungai Dengkeng menjadi ancaman serius bagi warga di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) tersebut. (MR/ BK/YK/AU/JS/N-1)


Post Date : 08 November 2012