Banjir, Jalur Purwodadi-Semarang Lumpuh

Sumber:Suara Merdeka - 13 Januari 2012
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
DEMAK- Hujan lebat yang mengguyur Kecamatan Karangawen menyebabkan Sungai Cabean meluap, Kamis (12/1) sekitar pukul 18.30. 
 
Luapan air berasal dari tanggul Cabean di Dukuh Wangun, Desa Rejosari, Kecamatan Karangawen, Demak yang beberapa waktu lalu jebol. 
 
Akibatnya air meluap menggenangi perumahan warga di Dukuh Wagun, Desa Rejosari, Dukuh Cabean Kidul, dan  Cabean Tengah, Desa Sidorejo. Ketinggian air antara 1 meter -2,5 meter. 
 
Keterangan yang berhasil dihimpun, warga Dukuh Rejosari berjumlah 83 keluarga terpaksa mengungsi di Balai Desa setempat. Sedangkan 165 keluarga di Dukuh Cabean Tengah dan Cabean Kidul terpaksa mengungsi di atas tanggul dengan mendirikan tenda. 
 
Luapan air Sungai Cabean juga mengakibatkan jalur Purwodadi-Semarang tertutup air hingga 50 cm, sehingga menyebabkan jalur utama tersebut macet total.
 
Siaga 
 
Menurut Camat Karangawen Yulianto,  antrean kendaraan dari arah barat mencapai 1,5 km. 
 
”Hanya kendaraan besar, seperti truk dan bus yang berani menerobos banjir. Sedangkan kendaraan kecil memilih jalur alternatif lewat Buyaran. Beberapa petugas kepolisian sudah mengarahkan mobil kecil lewat jalur alternatif itu,” jelas Yulianto
 
Saat ini, lanjutnya, petugas kecamatan siap siaga untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan. ”Beberapa petugas terus memantau debit air, sehingga jika ada tanda-tanda kiriman air dari hulu bisa diantisipasi,” jelasnya. 
 
Ditambah dia, tanggul tersebut jebol hingga empat kali sejak 24 Desember 2011. Hingga kini, perbaikannya belum maksimal. ”Terakhir jebol pada 9 Januari lalu, belum sempat diperbaiki. Kalau hujan lebat di hulu dan di Karangawen pasti meluap,” jelas Yulianto.(H85-71)


Post Date : 13 Januari 2012