Banjir Melanda 12 Kelurahan

Sumber:Koran Tempo - 16 September 2010
Kategori:Banjir di Jakarta

JAKARTA - Dua belas kelurahan di Jakarta Selatan terkena banjir akibat guyuran hujan dua hari berturut-turut sejak Selasa kemarin. Genangan air setinggi 20 hingga 200 sentimeter mengakibatkan 140 warga di Kelurahan Jati Padang memutuskan untuk mengungsi.

Berdasarkan data dari Satuan Koordinasi Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Pengungsian (Satkorlak PBP) DKI Jakarta, genangan air terjadi di Kelurahan Jatipadang, Cipete Selatan, Cilandak Barat, Gandaria Selatan, Petogogan, Ulujami, Bintaro, Bangka, Mampang Prapatan, Pela Mampang, Tegal Parang, dan Kuningan Barat.

Untuk Kelurahan Jati Padang, Kecamatan Pasar Minggu, genangan air terjadi di RW 02, 05, 06, dan 09 dengan ketinggian air 100 hingga 200 sentimeter. Hujan deras juga menyebabkan tanah longsor dan kebakaran akibat korsleting listrik di Jalan Ketapang, Kelurahan Jati Padang, Pasar Minggu.

Selain itu, genangan air setinggi 10 sentimeter juga melanda Kelurahan Cipete Selatan, Kecamatan Cilandak, tepatnya di RW 01/RT 01. Satu orang ditemukan tewas akibat korsleting listrik di Jalan Kemang 12, Selasa malam lalu. "Kejadiannya sekitar pukul 21.00," kata Nahrawi, salah satu staf pemerintahan Kelurahan Cipete Selatan melalui sambungan telepon, kemarin.

Genangan air juga melanda Kelurahan Ulujami, Kecamatan Pesanggrahan, di RW 07/RT 09, dan RW 01, yang meliputi RT 02-RT 08, dengan ketinggian air 20 sentimeter.

Sebagian warga mengungsi ke gedung Sasana Krida, tapi sebagian lain bertahan di rumah masing-masing. Begitu juga dengan Kelurahan Bintaro, Kecamatan Pesanggarahan, di RW 04, RT 01-RT 05 juga mengalami genangan air setinggi 50 hingga 150 sentimeter.

Hujan lebat juga menyebabkan tanggul jebol di Kecamatan Pesanggarahan. Akibatnya, ratusan rumah di daerah tersebut terendam air hingga 150 sentimeter.

Selain itu, akibat luapan Kali Krukut, lima kelurahan di Kecamatan Mampang, mengalami banjir setinggi 20 hingga 135 sentimeter. Kelima kelurahan tersebut, yaitu Kelurahan Bangka, Mampang Prapatan, Pela Mampang, Tegal Parang, dan Kuningan Barat.

Saat ini Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar dan PB) DKI Jakarta menyediakan bantuan makanan dan kesehatan. RENNY FITRIA SARI



Post Date : 16 September 2010