Banjir Melanda Sebagian Kota Bogor

Sumber:Kompas - 04 Februari 2007
Kategori:Banjir di Jakarta
Bogor, Kompas - Hujan deras sepanjang Jumat malam hingga Sabtu (3/2) siang menyebabkan ratusan rumah di beberapa lokasi di Kota Bogor terendam dengan ketinggian mulai dari 20 sentimeter hingga dua meter. Rumah-rumah itu umumnya berada di bantaran Sungai Ciliwung atau tidak jauh dan lebih rendah dari sungai tersebut.

Banjir di Kota Hujan itu tentu saja mengagetkan warga, karena selama ini rumah mereka belum pernah kemasukan air Sungai Ciliwung demikian hebat. Tidak ada korban jiwa akibat bencana itu, karena terjadi mulai pukul 07.00, saat warga sudah terjaga.

"Selama ini kalau air sungai lagi deras, paling-paling naik satu meteran dan tidak masuk rumah. Sekarang malah membuat rumah saya roboh. Lima rumah tetangga saya sudah miring, tinggal menunggu roboh," kata Latif, pemilik rumah.

Latif adalah Ketua RT 10 RW 01, Kampung Kedung Badak, Kelurahan Kedung Badak, Kota Bogor. Di RT 10 terdapat 25 rumah yang terendam hingga dua meter. Jarak rumah Latif dengan tepi Ciliwung sekitar dua meter.

Di kampung yang sama, di RW 10 RW 06, sebanyak 20 rumah juga terendam sampai di atas satu meter, tetapi tidak ada rumah yang roboh.

Kawasan paling banyak direndam luapan Ciliwung adalah Kompleks Perumahan Koperasi Pegawai Negeri di Kelurahan Kedunghalang Talang, Bogor Utara. Demikian pula permukiman warga di antara perumahan itu dan Perumahan Graha Indah.

Air Ciliwung mulai menggenangi kawasan itu sekitar pukul 08.00, dengan ketinggian 50 sentimeter hingga satu meter. Menjelang sore, air itu baru surut.

Wali Kota Bogor Diani Budiarto sempat meninjau lokasi banjir. Air Ciliwung juga menggenangi permukiman di RT 05 RW 01, Katulampa, Bogor Timur. Di daerah tersebut sedikitnya 47 rumah warga terendam hingga 50 sentimeter. (rts)



Post Date : 04 Februari 2007