Banjir Melanda Wilayah Malang Selatan

Sumber:Koran Sindo - 10 Januari 2012
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
MALANG – Intensitas hujan yang terus meninggi mulai berdampak bagi warga di Kabupaten Malang bagian selatan. 
 
Kemarin,Dusun Prangas,Desa Klepu,Kecamatan Sumber-manjing Wetan, mulai dilanda banjir.Warga di 4 RT Desa Klepu waswas karena kiriman air hujan dari atas bukit menggenangi sebagian teras rumah warga. Meski tak menimbulkan kerugian besar, namun warga dibuat susah kiriman air dengan lumpur tersebut. Sampai sekarang warga masih terus melakukan pembersihan rumah mereka dari lumpur. Sampai petang kemarin warga masih bekerja membersihkan rumah mereka. 
 
”Jalan sempat tidak bisa dilalui, Mas. Selama 5 tahun terakhir, ini yang paling parah. Soalnya hujan selama tiga hari ini cukup deras, air dari bukit mengalir ke sini membawa lumpur dan kerikil,” ujar Aliudin, salah satu warga. Sumbermanjing Wetan merupakan salah satu kecamatan langganan banjir di Kabupaten Malang. Beberapa waktu lalu banjir di Desa Sitiarjo sempat memutuskan akses transportasi ke Pelabuhan Sendangbiru.Akibatnya hasil tangkapan ikan nelayan tak bisa didistribusikan. 
 
Menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bagyo Setyono, pihaknya terus siaga terkait potensi bencana di Kabupaten Malang bagian selatan. Selain menyiapkan personel, dia pun meminta warga juga telah siaga bila sewaktu-waktu banjir melanda. ”Personel kami sudah siap kapan saja.Tapi kami berharap tidak terjadi bencana,” ungkapnya. zia ulhaq


Post Date : 10 Januari 2013