Banjir Merata di Kota Bekasi

Sumber:Kompas - 03 Februari 2007
Kategori:Banjir di Jakarta
Bekasi, Kompas - Hujan deras sepanjang Kamis malam hingga Jumat (2/2) siang menyebabkan banjir melanda hampir seluruh kecamatan di Kota Bekasi. Sedikitnya sembilan dari 12 kecamatan di Kota Bekasi dilanda banjir.

Banjir juga menyebabkan ruas Jalan Kalimalang dan sejumlah ruas jalan lainnya di wilayah Kota Bekasi terendam. Di beberapa tempat yang dipantau Kompas pada Jumat kemarin, genangan air bahkan melebihi satu meter tingginya. Ruas Jalan Bintara Raya, Bekasi Barat, misalnya, terendam hingga sebatas dada orang dewasa. Hujan deras menyebabkan Kali Baru di kawasan itu meluap. Luapan air Kali Baru merendam habis rumah-rumah di bantaran kali tersebut.

Sekretaris Satuan Penanggulangan Bencana Pemkot Bekasi Jubaedi Mansyur mengakui, banyaknya daerah yang dilanda banjir menyebabkan tim SAR kewalahan. Seluruh perahu karet milik Pemkot sudah dipakai mengevakuasi warga.

Lokasi banjir

Di wilayah Bekasi Utara, banjir melanda Kelurahan Perwira dan Kelurahan Teluk Pucung. Di Kecamatan Bekasi Barat, tiga kelurahan, yakni Bintara, Kranji, dan Jakasampurna, terpantau terendam banjir. Seluruh kelurahan di Bekasi Timur, yakni Durenjaya, Arenjaya, Margahayu, dan Margamulya, juga banjir. Bekasi Selatan, misalnya, Bumi Satria Kencana (BSK).

Roboh

Derasnya hujan tidak hanya menyebabkan wilayah Kota Bekasi terendam banjir, tetapi juga mengganggu perjalanan kereta. Di Kranji, Bekasi Barat, perjalanan KRL Ekspres Bekasi-Kota (Jakarta) terhenti karena tiga tiang pantograf untuk KRL roboh.

Tiang pantograf yang roboh itu berada di dekat Jalan Terusan I Gusti Ngurah Rai, beberapa kilometer dari Stasiun Kranji. Akibatnya, KRL Ekspres Bekasi-Kota dari arah Cakung terpaksa dihentikan di tengah jalan dan penumpangnya pun diturunkan.

Kepala Humas PT KA Daerah Operasi I Jakarta Ahmad Sujadi mengatakan, sejumlah perjalanan kereta di wilayah Jabodetabek, baik KRL maupun kereta biasa, terganggu lantaran banjir.

Sampai kemarin siang, PT KA Daop I Jakarta hanya mengoperasikan KRL Bogor-Kota dan KRL Bekasi-Kota melalui Gambir. KRL Tanah Abang-Serpong dihentikan karena Stasiun Tanah Abang terendam banjir. (cok)



Post Date : 03 Februari 2007