Banjir Rendam 491 Rumah

Sumber:Koran Sindo - 27 Desember 2012
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
KARAWANG– Ancaman banjir masih menghantui sebagian wilayah Jawa Barat. Kemarin, 491 rumah warga di Desa Duren, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang terendam banjir. 
 
Hujan deras di wilayah ini mengakibatkan ratusan rumah tergenang hingga setinggi satu meter. Peristiwa banjir ini mulai dirasakan warga sekitar pukul 18.00WIB, Selasa(25/12) lalu. Sebelumnya, hujan deras mengguyur daerah Kabupaten Karawang sejak pukul 16.00. Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Sosial Kabupaten Karawang Supriyatna mengatakan, banjir yang merendam 491 rumah warga itu terjadi di Desa Duren, Kecamatan Klari. 
 
Banjir tersebut akibat hujan deras yang terjadi sejak sore. ”Hujan deras itu membuat air meluap dan menggenangi perumahan warga setinggi satu meter. Banjir ini hanya sebentar,” kata dia. Dia menyebutkan, banjir yang menggenangi ratusan rumah warga itu diduga berasal dari saluran air yang berada di perumahan Kandiwa 1 dan 2. 
 
Saluran air disana tidak bisa menampung volume air sehingga meluap ke perumahan Purimas yang merupakan Desa Duren. ”Pembuangan air di Tiraimas cuman 1, hal tersebut yang mengakibatkan genangan air bertambah, apalagi curah hujan tinggi dan sampah yang menyumbat pembuangan air membuat kondisi semakin parah,”katanya. Namun, kata dia, banjir tersebut hanya berlangsung beberapa jam. 
 
Berdasarkan pantauan di lapangan, kata dia, banjir mulai surut sekitar pukul 22.00.”Setelah kami amati banjir mulai surut pada pukul 22.00, dan warga pun mulai membersihkan rumah mereka masing-masing,”ujar dia. Dalam kesempatan terpisah, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Sumedang telah menyalurkan bantuan darurat kepada korban bencana banjir berupa pasokan makanan di Kecamatan Cimanggung, kemarin. CR-1/CR-3


Post Date : 27 Desember 2012