Banjir Terjang Tanjung Sakti

Sumber:Koran Sindo - 26 April 2011
Kategori:Banjir di Luar Jakarta

LAHAT – Banjir bandang menerjang Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, Kabupaten Lahat, sekitar pukul 16.00 WIB, kemarin. Akibat banjir yang disebabkan hujan deras selama empat jam tersebut,sedikitnya 35 rumah di Desa Negeri Kaya terendam air hingga ketinggian satu meter.

Dilaporkan satu orang hanyut ditelan banjir bandang tersebut dan ratusan warga lainnya terpaksa mengungsi. Korban hanyut yaitu Suhari,67, warga Desa Pagarjati. Hingga berita ini diturunkan korban belum juga ditemukan. ”Banjir ini terjadi sekitar pukul 16.00 WIB,ada sekitar 35 rumah terendam dengan ketinggian air satu meter yaitu Desa Negeri Kaya,Kecamatan Tanjung Sakti Pumi,bahkan seluruh warganya sudah mengungsi,” kata warga setempat Ranto saat dihubungi SINDO.

Menurut dia, sebelum terjadi banjir hujan cukup deras sekitar empat jam kemudian disusul dengan luapan air berasal dari Sungai Manna. ”Semua warga desa terpaksa mengungsi tidak berani tinggal di rumah,selain hujan masih cukup deras luapan air juga semakin bertambah tinggi.Kami belum bisa mendata berapa jumlah rumah rusak ringan dan berat termasuk yang digenangi air,”ungkapnya.

Tempat itu, kata dia, memang berada di alur Sungai Beringin dan Manna yang membelah kedua desa tersebut,sehingga ketika air meluap langsung menggenangi rumah-rumah penduduk setempat. Bencanainicukupmembuat warga kaget karena terjadi mendadak dan pada malam hari. Sehingga mereka hanya berupaya menyelamatkan diri dan tidak satupun yang berani berada di dalam rumah lagi.

Sementara itu Bupati Lahat Saifudin Aswari Rifai mengatakan, pihaknya sudah menerjunkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).Selain itu akan segera diterjunkan petugas dari Dinas Sosial Lahat untuk melihat langsung kondisi di lapangan termasuk mendata kerusakan dan korban.

”Kita akan segera ke lokasi untuk mengetahui kondisi kedua desa yang terkena banjir bandang dan untuk mengetahui penyebabnya. Kemudian termasuk melakukan pendataan berapa jumlah kerusakan yang dialami warga dan kemungkinan ada korban,” ujarnya tadi malam. ibrahim arsyad



Post Date : 26 April 2011