Banjir Timbulkan Kemacetan Parah

Sumber:Kompas - 05 Desember 2007
Kategori:Banjir di Jakarta
Jakarta, Kompas - Hingga Selasa (4/12) petang, kemacetan lalu lintas akibat banjir dan genangan air masih terjadi di lima wilayah DKI Jakarta.

Menurut Data Traffic Management Center Polda Metro Jaya, di Jakarta Utara, genangan terjadi tepatnya di depan Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum (SPBU) Plumpang, depan SPBU Cilincing, depan Kodamar Sunter, dan depan Islamic Center, dengan ketinggian air 15-25 sentimeter.

Di Jakarta Barat, selain di Jalan Daan Mogot, genangan juga terdapat di depan kantor wali kota lama dan Jalan Arjuna setinggi 20 sentimeter. Kemacetan terjadi di sekitar Studio Indosiar karena di bahu jalan masih terdapat genangan sehingga hanya tersisa dua lajur jalan yang bisa digunakan ke arah Tangerang.

Jalan Panjang juga mengalami kemacetan di kedua arah karena adanya genangan. Kondisi serupa terpantau di sekitar Kota Tua. Kemacetan serupa terjadi di sekitar Jembatan Dua dan Pesing. Permukaan air di Sungai Grogol, Kali Angke, dan Kali Sekretaris di tepi jalan raya sebagian sudah meluap di sejumlah titik. Berdasarkan pantauan, tak banyak petugas yang mengatur lalu lintas.

Di Jakarta Selatan, genangan terjadi di Jalan MT Haryono, depan Hotel Crowne, depan Balai Kartini, dan depan SPBU Pondok Indah, dengan ketinggian 20-30 sentimeter.

Genangan akibat buruknya saluran drainase, jalan yang berbentuk cekungan, serta jalur bus transjakarta yang lebih tinggi juga terjadi di depan Citibank Pondok Indah. Kawasan yang sebelumnya jarang tergenang air ini pada Senin malam tergenang setinggi 20 sentimeter sehingga memaksa semua kendaraan menepi untuk menghindari genangan.

Genangan di Jakarta Timur terjadi di Jalan Sugiono, Duren Sawit, setinggi 20 sentimeter. Di Kampung Pulo, Sungai Ciliwung kembali menggenangi permukiman setinggi lutut orang dewasa. Penduduk masih tetap bertahan karena yakin air akan kembali surut. (Eca/Nel/Arn/Ong)



Post Date : 05 Desember 2007