Banjir, Warga Kota Ambon Mengungsi

Sumber:Kompas - 08 Juni 2012
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
AMBON, KOMPAS.com - Sejumlah Warga Kota Ambon yang terkena bencana banjir, Jumat (8/6/2012) terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman. Mereka terpaksa mengungsi karena rumah mereka terendam banjir mulai dari setengah meter hingga satu meter. 
 
Di sebagian tempat, seperti di Kawasan Batu Gantung, Waihaong, Perigi Lima dan sejumlah tempat lainnya banjir bahkan sudah merusak rumah warga.
 
Nahwan, salah satu warga di Kawasan Waihaong, terpaksa mengungsi karena rumah yang ditempatinya terendam banjir setinggi setengah meter. “Rumah saya terendam banjir semua, ya terpaksa mau apalagi, saya harus mengungsi. Tetangga saya juga sebagian sudah mengungsi dari awal,” tutur Nahwan.
 
Nahwan mengakui, hujan deras yang terjadi dari tengah malam, sudah menyebabkan banjir, namun banjir semakin membesar pada pagi hari setelah hujan tidak berhenti. 
 
Sama halnya dengan di Kawasan Waihaong, banjir di kawasan Batu Gantung juga menyebabkan, talud penahan air sungai ambruk. Warga yang berada di bantaran sungai bahkan telah memilih mengungsi lebih awal di tempat yang dianggap aman.
 
Banjir juga menggenangi sejumlah jalan utama di Kota Ambon, seperti di Jalan AY Patty, Jalan Sultan Babulah, Jalan Josudarso, Jalan AM Sangadji dan sejumlah jalan lainnya. Akibat banjir tersebut, arus lalulintas menjadi terganggu.
 
Belum ada laporan korban jiwa dalam peristiwa ini, namun sejumlah harta benda milik warga rusak akibat disapu banjir. Rahmat Rahman Patty 


Post Date : 08 Juni 2012