Bank Dunia Komitmen Perangi Perubahan Iklim

Sumber:Koran Sindo - 13 Desember 2007
Kategori:Climate
NUSA DUA (SINDO) Presiden Bank Dunia Robert B Zoellick menegaskan, pengurangan emisi gas rumah kaca dapat melindungi lingkungan dan membantu negara berkembang memajukan ekonominya.

Pernyataan itu diungkapkan Zoellick di depan para delegasi yang hadir dalam Konvensi PBB untuk Perubahan Iklim (UNFCCC) di Nusa Dua kemarin. Perubahan iklim merupakan tantangan pembangunan, ekonomi,dan investasi.Ini menawarkan peluang bagi transformasi ekonomi dan sosial yang dapat menuju globalisasi inklusif dan berkelanjutan, kata Zoellick.

Dia menyatakan, pembahasan tentang perubahan iklim dapat membantu negara berkembang dalam mengelola peluang di bidang kesehatan, produksi pangan, sumber air, integritas pantai, dan keanekaragaman hayati. Zoellick menambahkan, Bank Dunia memiliki peran penting dalam membantu negara berkembang melakukan mitigasi atau adaptasi terhadap pemanasan global. Kami yakin, kami memiliki dukungan baik dalam proses negosiasi PBB dengan membantu negara-negara berkembang mengintegrasikan aksi mitigasi dan adaptasi, kata Zoellick.

Dia menambahkan, peran Bank Dunia antara lain pembentukan fasilitas kemitraan karbon hutan (FCPF) yang diluncurkan pada Selasa (10/12) lalu. FCPF merupakan sinyal bahwa dunia peduli pada nilai global hutan dan siap untuk membayar itu. Ini dapat menjadi peluang ekonomi bagi banyak orang yang tergantung pada hutan mereka sebagai mata pencaharian, katanya.

Sementara itu, Asosiasi Asia Selatan untuk Kerja Sama Regional (SAARC) mengeluarkan deklarasi tentang ancaman perubahan iklim. Kami yakin perubahan iklim ini fenomena yang berdampak dalam hak-hak untuk keamanan manusia dan pembangunan, ungkapnya. Dia menyatakan, sejumlah wilayah yang terletak di wilayah dataran rendah dan sepanjang garis pantai di Asia Selatan kini menghadapi ancaman kenaikan permukaan air laut. Rakyat kami terkena dampak kenaikan permukaan laut, erosi sungai, kekeringan, dan badai, demikian pernyataan SAARC. (syarifudin)



Post Date : 13 Desember 2007