Banyak Sampah dan PKLTerminal Ciledug Tak Berfungsi

Sumber:Sinar Harapan - 20 April 2005
Kategori:Sampah Luar Jakarta
Kondisi terminal Ciledug yang berada di jalan Raden Patah, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang semakin hari semakin memprihatinkan. Terminal yang berbatasan dengan wilayah Jakarta Selatan ini praktis tidak berfungsi. Dalam pengamatan SH, Senin (18/4) tidak berfungsinya terminal tersebut karena letaknya sangat berdekatan dengan Pasar Lembang yang merupakan pasar bentukan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang tahun 2003. Akibatnya jalan akses menuju terminal tertutup oleh maraknya para pedagang kaki lima (PKL).

Tumpukan sampah dan padatnya pengunjung pasar membuat sejumlah angkutan kota (angkot) maupun bus berukuran sedang dan besar tidak dapat masuk ke terminal. Apalagi beberapa petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang lebih suka menarik retribusi di luar terminal.Menurut beberapa pengemudi angkot, keengganan para sopir memasuki terminal karena akan terjebak cukup lama akibat banyaknya penumpang berseliweran.

Kami lebih memilih tidak masuk terminal, apalagi di luar terminal pun ada banyak penumpang yang bisa kita angkut, tutur Udin, seorang sopir angkot.

Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang, Bonie M. Mufridjal yang dimintai pendapatnya menyatakan pihaknya sangat menyayangkan masalah tidak berfungsinya terminal Ciledug karena pemindahan terminal dari Jalan HOS Tjokroaminoto ke Jalan Raden Patah telah menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kota Tangerang ratusan juta rupiah. Pemindahan tersebut harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat kalau ternyata proyek tersebut gagal.

Sering Ditanya

Menurut Bonnie, DPRD Kota Tangerang juga kerap menanyakan soal tidak berfungsinya terminal ini kepada Pemkot Tangerang. Namun sampai saat ini belum ada jawaban resmi yang memuaskan dari Pemkot Tangerang.

Dalam setiap rapat kerja dengan Wali Kota Tangerang, masalah tidak berfungsinya terminal Ciledug dan pungutan di luar terminal yang tetap dilakukan kerap kali kami tanyakan. Namun ketika itu Wali Kota menyatakan akan menjawabnya dalam pertemuan mendatang. Maka dalam rapat kerja mendatang persoalan ini akan kembali kami tanyakan, ujarnya.

Kabag Informasi dan Komunikasi (Inkom) Pemkot Tangerang, Achmad Chairudin yang dikonfirmasi mengenai hal ini menyatakan saat ini pemerintah kota memang sedang merencanakan perbaikan terhadap terminal itu.

Pelaksanaan penertiban terhadap para PKL yang memadati terminal tersebut akan segera kami lakukan secepatnya. Paling lambat dalam tahun anggaran 2006 mendatang, kawasan terminal Ciledug akan segera tertata dengan baik, ujar Chairudin. (wib)

Post Date : 20 April 2005