Bappenas: Sanitasi Surabaya Terbaik

Sumber:Radar Surabaya - 24 Maret 2010
Kategori:Sanitasi

SURABAYA - Masyarakat Surabaya patut berbangga dalam hal manajemen sanitasi. Pasalnya, Kota Pahlawan telah dijadikan sebagai percontohan dalam menangani limbah sampah bagi kota-kota di seluruh Indonesia. Ini karena Surabaya mampu mengurangi kandungan timbal dari limbah sampah sebesar 10 persen.

 
Hal ini disampaikan Kasubdit Persampahan dan Drainase Bappenas, Oswar Mungkasa, di sela acara Decentralized Wasterwater Treatment Solutions in Developing Countries di Hotel Sheraton, kemarin (23/3). Dia berharap kotakota besar lainnya bisa mencontoh Surabaya dalam penanganan sampah. “Dalam penanganan sanitasi tidak dilakukan sporadis, tapi dilakukan secara bertahap,” katanya.
 
Dijelaskan, ada banyak kerugian bila sebuah daerah tak memiliki sanitasi yang baik. Salah satu imbasnya adalah potensi kerugian sampai Rp 5,6 triliun per tahun. Kerugian sebesar ini setara dengan 225 ribu jiwa yang sanitasinya belum tertangani dengan baik.
 
Dia menambahkan, dengan masih banyaknya beberapa daerah yang sanitasinya buruk, membuat pemerintah melalui Bappenas mengalokasikan anggaran Rp 55 triliun guna menangani persoalan sanitasi. “Dari 330 kabupaten atau kota yang belum tertangani, kami menargetkan sanitasinya tuntas hingga 2014,” tambahnya. Diakui Oswar Mungkasa, selain sanitasi, pihaknya juga memiliki PR terkait banyaknya masyarakat yang buang air besar sembarangan. (rtn)


Post Date : 24 Maret 2010