Beberapa Wilayah di Jaktim Banjir

Sumber:Suara Pembaruan - 03 Maret 2005
Kategori:Banjir di Jakarta
JAKARTA - Hujan deras yang turun kawasan Jakarta Timur (Jaktim) dalam beberapa jam sejak subuh Jumat (4/3) membuat beberapa daerah dilanda banjir. Di Kampung Pulo, Lampung Melayu Jakarta Timur genangan air mencapai setinggi 1,5 meter dan masuk ke rumah-rumah penduduk.

Menurut Nurlela, warga RT 01/03, yang ditemui Pembaruan di kediamannya, Jumat pagi, air mulai memasuki rumahnya sejak pukul 05.00 WIB pagi ini. Diperkirakan, sekitar enam RT di kawasan Kampung Pulo yang tergenang air antara lain di RT 01, RT 03, dan RT 04.

Namun, penduduk di kawasan ini belum banyak yang mengungsi dan masih memantau ketinggian air yang mulai surut. Menurut Dudi, pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Dakwah Islam (PTDI), yang biasanya menampung para pengungsi banjir, belum ada warga yang datang mengungsi. Apalagi genangan air yang sempat mencapai 1,5 meter saat ini mulai surut menjadi sekitar 1,2 meter.

Banjir juga melanda Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur. Genangan air setinggi 1,2 meter menggenangi rumah-rumah penduduk sejak pukul 05.00 WIB.

Diperkirakan, sebanyak empat RT di RW 03 yang terkena banjir yaitu RT 10, RT 11, RT 12, dan RT 14. Akibat genangan air tersebut, lebih 400 keluarga atau sekitar 1.250 jiwa warga Kelurahan Cipinang Melayu kini mengungsi di Posko Banjir.

Menurut Kepala Bidang Ramalan dan Jasa Meteorologi, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), kiriman air yang menggenangi sebagian wilayah Jakarta juga diakibatkan hujan deras yang terjadi di Depok sejak kemarin siang. Sedangkan di Jakarta Timur, hujan lebat terjadi sejak Kamis (3/3) pukul 23.00 WIB hingga dini hari tadi.

Zakir mengatakan, hujan diperkirakan akan kembali melanda wilayah Jabodetabek mulai sore hingga malam hari. Untuk sore, hujan diperkirakan akan turun di daerah Jakarta Selatan, Bogor, Depok dan Bekasi.

Sedangkan untuk Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara hujan diperkirakan akan lebih banyak turun di malam hari hingga menjelang subuh. Namun, Zakir memperkirakan hujan turun tidak akan sederas kemarin. (L-11)

Post Date : 03 Maret 2005